Try Out UM 1 2018

IMG-20180506-WA0008

´Try Out’ dalam lingkup pendidikan di Indonesia adalah suatu uji coba yang biasanya dilaksanakan sebelum ujian utama, atau di kalangan pelajar menengah atas merujuk kepada uji coba sebelum menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Seperti halnya kampus lain, Politeknik AKA Bogor juga menggelar Try Out Ujian Masuk 1 yang berlangsung di tiga kelas pada lantai 2 gedung perkuliahan kampus(06/05). Terdapat sekitar 107 peserta yang datang dan ikut serta dalam kegiatan ini. Soal yang harus dikerjakan berupa mata pelajaran Kimia dasar, TPA (Tes Potensi Akademik), dan Bahasa Inggris dengan total yaitu 100 soal. Pengisian soal dimulai sejak pukul 08.00 hingga 10.00 WIB dan dilanjutkan dengan pembahasan soal di setiap kelasnya dengan pihak pengajar dari komunitas kampus yaitu IPC, MSC, dan ESC.

jurnalika-news.comSetelah pengisian soal pada sesi Try Out, acara dilanjutkan dengan rentetan kegiatan yang berlangsung di Aula. Susunan acaranya yaitu pembukaan, sambutan dari pihak penanggung jawab, pengenalan kampus, pengumuman peserta berprestasi, dan penutup. Pembawaan kontenan acara dipandu oleh Fatur dan Ratih sebagai Master Of Ceremony. Kegiatan yang dimulai pada pukul 13.00 WIB ini diisi oleh M.Fauzi Ramadhan pada sesi pengenalan kampus. Selain pemutaran video profil kampus, Fauzi selaku pengisi acara juga memaparkan mengenai kehidupan sebagai mahasiswa Politeknik AKA. Ia juga menghimbau kepada mahasiswa baru untuk ikut andil dalam menegakkan peran mahasiswa yang tidak hanya aktif pada kegiatan yang menunjang akademik, tetapi juga aktif pada kegiatan keorganisasian karena dari kegiatan itu dapat menimbulkan sikap tanggung jawab, manajemen waktu dengan baik, dan pendewasaan diri. Selain itu, mahasiswa harus memiliki jiwa yang peduli terhadap sekitar. Beberapa peserta juga bertanya mengenai kegiatan dan bagaimana cara membagi waktu dengan baik ketika menjadi seorang mahasiswa.

Tidak hanya itu, sebagai pencair suasana terdapat pula waktu hiburan setelah sesi pengenalan kampus. Praktik Eksperimen Sederhana oleh komunitas EKSKIM mengawali sesi hiburan kali ini. Dua peserta try out juga ikut berpartisipasi dalam pelaksanaannya. Suvarna Gita, komunitas paduan suara juga hadir memamerkan bakat tarik suara. Terdapat lebih dari tiga lagu yang dibawakan, peserta dibawa hanyut dalam lantunan lagu-lagu nasional dan daerah. Sebagai penutup sesi hiburan, salah satu kelengkapan organisasi IMAKA yaitu SASEKA membawakan dua buah lagu dengan iringan alat musik dan dua orang penyanyi.

Pada penghujung acara, Master Of Ceremony mengumumkan nama peserta Try Out dengan tiga nilai tertinggi, yaitu Farhan Candra, Indri Suryani, dan tertinggi ketiga yaitu Aulia Yusri Afifah. Salah satu peserta berprestasi yaitu Aulia mengatakan sistem yang diusung sudah sangat baik, karena terdapat pembagian bank soal secara gratis pada saat pendaftaran online maupun offline, sehingga dapat sangat membantu proses belajar demi menunjang ujian nanti. Sebelum ditutup, SDS (Selamat Datang Sahabat) dari kelengkapan organisasi LDK-KMA menyampaikan informasi mengenai bantuan penginapan, penyampaian perihal penting mengenai registrasi, dan juga pembahasan soal UM dengan memberikan selebaran yang berisi contact person. Hal ini ditujukan untuk memudahkan peserta dalam pelaksaan UM yang akan diadakan tanggal 12 Mei 2018.

IMG-20180506-WA0030BEM IPTEK, sebagai penanggung jawab kegiatan ini menaruh target sebanyak 250 peserta pada pelaksanaan Try Out UM 1 dan 2. Sebagai program kerja yang diajukan legal, pihak DPM IMAKA ikut andil dalam mengawasi keseluruhan kegiatan ini. Wakil Presiden Mahasiswa, M.Taufiq Putra berpendapat bahwa pelaksanaan Try Out kali ini memiliki persiapan yang lebih, sehingga acara berjalan dengan baik. “kendala pada kegiatan ini hanya pelaksanaannya yang dekat dengan SBMPTN, jadi kemungkinan pesertanya dikit dan kurang siap. Keselurahan acara sukses, mungkin hanya perihal kebersihan yang bisa dijadikan evaluasi kedepannya” tutur Ikhsan Jaya Amin selaku ketua pelaksana Try Out UM 1 2018.(ANR/MRF)

  • Instgram : @Jurnalika
  • Line : @igx5444h
  • Website : jurnalika-News.com
  • Twitter : @jurnalika
  • Facebook : Jurnalika Bogor
  • YouTube : Jurnalistik Politeknik AKA

Tinggalkan Balasan