JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Eksternal Recent Update

Aksi Kawal LKPJ Kota Bogor

12
Telah dilaksanakan Aksi kawal LKPJ kota Bogor oleh aliansi BEM Se-Bogor diantaranya Universitas Juanda, Institut Pertanian Bogor, STIE Dewantara,dan Politeknik AKA Bogor(2/05). Aksi ini berlangsung pada pukul 13.00 hingga18.00WIB yang bertempat di kantor DPRD kota Bogor. Telah diputuskan beberapa tuntutan yang akan diajukan diantaranya:

  1. Kejelasan pembangunan infrastruktur dengan IMB
  2. Penataan ulang PKL ilegal
  3. Tangani kemacetan dari dampak SSA
  4. Lindungi harkat dan martabat perempuan dan anak

Sebelumnya telah ada kajian oleh aliansi BEM Se-Bogor mengenai pemimpin ideal untuk masa kini. Pada tahun sebelumnya,rekomendasi atau tuntutan aliansi BEM Se-Bogor telah dikaji oleh LKPJ, namun untuk LKPJ tahun ini ada penambahan poin dari pandangan opini mahasiswa terkait data lapangan maupun survei yang dilakukan mahasiswa.
Dalam aksi kali ini terdapat beberapa kendala yaitu keterlambatan massa ketika berkumpul yaitu pada pukul 14.00WIB sehingga tidak tepat dengan waktu yang telah ditentukan. Aksi dilangsungkan dengan long march dari KejaksaanNegeri menuju kantor DPRD dengan sedikit menyampaikan aspirasi didepan Balai Kota yang merupakan rumah persinggahan bagi pemerintahan eksekutif. Tiga hari sebelum aksi pihak aliansi BEM Se-Bogor telah memberikan surat pemberitahuan ke Kasat Intel dengan disambut respon yang baik,namunada beberapa parameter yang harus dijaga selama proses aksi.
Presiden mahasiswa dari tiap-tiap kampus telah membuat nota kesepakatan dengan perwakilan DPRD yakni bapak Zainal Muttaqin dari fraksi Gerindra bahwa ia menyanggupi untuk menyampaikan rekomendasi dari mahasiswa yang akan dikaji jauh lebih dalam lagi oleh DPRD, karena tujuan aksi kali ini yaitu menyampaikan rekomendasi pada sidang pembacaan rekomendasi paripurna DPRD kota Bogor terhadap pemerintah kota. Nota kesepakatan ini ditandatangani oleh perwakilan DPRD dan perwakilan Pansus LKPJ 2018. Aliansi BEM Se-Bogor kembali akan diundang di pembacaan rekomendasi pada sidang paripurna terkait LKPJ 2018 yang nantinya akan menjadi pedoman pemerintah kota untuk membangun kota Bogor menjadi lebih baik.
Aksi yang dipimpin oleh koordinatorlapangan yang berasal dari Universitas Juandaini memiliki massasebanyak 30 orang dari empat kampus di Bogor. Pasalnya tujuan dari aksi ini belum 100 % behasil karenastigma mahasiswamengenai hak suara ketika pembacaan rekomendasi dimana sejatinya mahasiswa adalah rakyatyang berperan sebagai control social dan agent of change,tak ayalDPRD telah mengakomodir suara-suara yang menjadi aspirasi.DPRDjuga memberikan respon yang baik, dilihatpada perwakilanaliansi BEM Se-Bogor yang diterima di sebuah ruangan khusus oleh pihak DPRD dan perwakilan panitia Pansus LKPJ yang terbuka dengan audiensi untuk mencari poin kesepakatan antara kedua belah pihak. (ILY/nfa)

  • Instgram : @Jurnalika
  • Line : @igx5444h
  • Website : jurnalika-News.com
  • Twitter : @jurnalika
  • Facebook : Jurnalika Bogor
  • YouTube : Jurnalistik Politeknik AKA

1 COMMENTS

Tinggalkan Balasan