JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Menjelajahi Hutan Mangrove di Pantai Karangsong Indramayu

karangsong
Jurnalikanews- Pantai Karangsong terletak di sebelah utara Kota Indramayu, tepatnya di Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu. Pantai ini bukan hanya menyuguhkan panorama laut yang indah namun juga menawarkan kita untuk berjelajah ke hutan mangrove yang tumbuh subur di pesisir pantainya. Dilansir dari zonalibur.com, kawasan hutan mangrove di Pantai Karangsong merupakan hutan mangrove terbesar di Indramayu, tak heran banyak wisatawan berbondong-bondong mengunjungi kawasan ini.
26-karangsongBanyak hal menarik yang kita dapatkan dikawasan pantai Karangsong. Mulai dari perjalanan menuju pantai, anda dijamu dengan pemandangan kapal-kapal nelayan, mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar. Anda pun dapat melihat proses pembuatannya, karena di kawasan tersebuat banyak sekali pengarajin kapal. Memasuki area pantai, akan terlihat kesibukan para nelayan yang sedang melelang hasil tangkapannya di Tempat Pelelangan Ikan atau yang biasa disebut TPI.
Satu hal lagi kegiatan yang menjadi primadona di Pantai Karangsong yaitu menjelajah hutan mangrove. Terdapat dua cara untuk menikmati hutan mangrove ini, pertama dengan berjalan kaki di jembatan kayu dan yang kedua dengan menyewa perahu nelayan, untuk menyewa perahu nelayan kita cukup membayar sebesar Rp. 15.000-, Di kawasan ini terdapat ribuan pohon mangrove dari berbagai jenis, selain itu, terdapat pohon ketapang yang ikut memadati kawasan hutan. Luas hutan mencapai 20 hektar. Hutan mangrove berfungsi sebagai pelindung dari ganasnya ombak laut yang tentunya bisa mengikis daratan disekitar bibir pantai.
mangrove_2Menikmati keindahan Pantai Karangsong serta hutan mangrove, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, cukup Rp. 5.000/motor dan Rp. 10.000/mobil. So, buat kalian yang sedang di Indramayu jangan lupa menyempatkan diri untuk mengunjungi kawasan ini, jarang-jarang terdapat pantai yang sekaligus menyediakan wisata hutan mangrove dalam satu lokasi. Selamat berlibur. (ln)