Pemandian Bektiharjo Tuban

Jurnalikanews- Cuaca yang terik di musim kemarau, udara panas dan kering, sengatan sinar matahari membuat siapapun pasti berkeringat dan suhu tubuh meningkat ditambah lagi pekerjaan yang kian menumpuk sehingga memicu setres yang justru akan mengganggu produktifitas kita, salah satu cara untuk menghilangkan setres yaitu dengan berkunjung ke tempat pariwisata, contohnya pemandian. Gemericik air dan rimbunan pepohonan kurang lebih cukup untuk menghilangkan kepenatan di sela-sela kesibukan dunia kerja di musim kemarau.

pemandian bektiharjo
Tuban tidak hanya terkenal dengan sebutan bumi walinya, namun juga tempat wisatanya. Banyak pilihan tenpat wisata di Kota Tuban Jawa Timur yang cukup disayangkan jika tidak dikunjungi tempat itu adalah sebuah pemandian, yang bernama pemandian Bektiharjo, atau orang lokal biasa menyebut dengan “mbeti/beti”. Pemandian ini menyuguhkan pemandangan yang cukup indah, para warga yang ramah, bahkan yang lebih unik lagi di pemandian ini terdapat sekawanan kera yang tinggal di dalamnya, terlepas dari mitos/misteri para keberadaan kera ini mereka cukup jinak, hanya saja saat kita lengah jajanan yang sedang kita makan bisa-bisa di rebut oleh para kera tersebut, hal itu akan terobati dengan kelucuan mereka saat beratraksi diantara pepohonan.  Sumber air pemandian ini berasala dari mata air alami yang keluar dari celah bebatuan, rongga tanah dan celah-celah akar pepohonan sehingga air yang keluar sangatlah jernih. Dulu saat Raden Danur Wendo dari Kadipaten Tuban di pemandian ini terdapat 2 kolam yaitu sendang lanang khusu laki-laki disebelah utara dan sendang wadon khusus untuk perempuan disebelah selatan, namun dewasa ini para pengunjung bebas untuk memasuki semua sendang. Terdapat beberapa fasilitas di dalam pemandian ini seperti area parkir, tempat istirahat, toilet, warung, dan berbagai wahana air.
Pemandian Bektiharjo terletak kurang lebih 7 km dari pusat kota tuban, tepatnya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Kita dapat mengunjungi pemandian ini menggunakan kendaraan pribadi, selain menggunakan kendaraan pribadi kita juga dapat menggunakan transportasi umum untuk mengunjunginya karena medan yang tidak cukup sulit, apalagi sekarang sudah semakin canggih dengan adanya GPS. Untuk memasuki pemandian ini jangan lupa membawa uang untuk masuk, baju ganti dan perlengkapan lainnya dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan pemandangan disekitar dan pengalaman seru di pemandian ini. Serta membawa untuk membawa obat-obatan pribadi. (Fz)

Sumber Gambar : https://www.tripjalanjalan.com/wp-content/uploads/2016/07/pemandian-bektiharjo-tuban.jpg

Tinggalkan Balasan