JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini Berita Internal Recent Update

DISKUSI PUBLIK : “MASIH RELEVANKAH SISTEM BLOK DI KAMPUSKU?”

IMG20171128200528Jurnalikanews- Salah satu agenda yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh Kementrian Kajian dan Strategi BEM IMAKA Simfoni adalah Pekan Politik. Acara pada tahun ini mengusung tema “Mensinergiskan mahasiswa Politeknik AKA Bogor atas dasar pemahaman agar mawas akan keadaan dan kondisi politik sekitar”. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 28 November 2017, yang berisi agenda diskusi publik dengan para mahasiswa mengenai sistem blok yang telah berlangsung beberapa bulan ini di kampus Politeknik AKA Bogor. Adapun topik utama yang diangkat dalam agenda diskusi publik ini ialah “Masih relevankah sistem blok dikampusku?”.

            Acara ini sendiri dilaksanakan di gedung perkuliahan lantai 2 kelas 3A Politeknik AKA Bogor. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 18.30-21.00 WIB, menurut Menteri Kajian dan Strategi BEM IMAKA Simfoni, M. Rizky Zaini Zebua, pekan politik tahun ini sistemnya sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan permintaan mahasiswa sendiri yang menginginkan beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IMAKA Simfoni di tahun ini memiliki nuansa yang berbeda. Oleh sebab itu, Kementrian Kajian dan Strategi BEM IMAKA Simfoni merubah pola pekan politik yang biasanya berupa perlombaan-perlombaan menjadi bentuk diskusi publik, yang diharapkan mampu mengajak mahasiswa untuk peduli terhadap keadaan dan kondisi politik yang ada di sekitar mereka.

            Dalam kegiatan ini, ketua pelaksana pekan politik, Abdurahman Risyad Baihaqi, menyatakan bahwa salah satu kendala dalam pelaksanaan acara ini adalah “Agendasi masa, yang pertama kalau kita lihat hari ini banyak kesibukan terutama sistem blok, nah di sistem blok mahasiswa emang disibukkan dengan ujian praktikum, tingkat II-nya yang mau ikut masih mikir dua kali, gua besok uprak masa malam ini ikut diskusi publik, kapan gua belajarnya? sehingga mereka masih berfikir dua kali untuk datang dalam pekan politik ini.”. Kendala selanjutnya yang ditemui di tahun ini mengenai jaringan komunikasi yang tersebar di beberapa media massa yang kurang efektif, dikarenakan bertepatan dengan beberapa agenda lain yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

            Dari kegiatan ini ada beberapa evaluasi yang nantinya akan ditinjau kembali oleh beberapa pihak yang berwenang terhadap sistem blok yang berlaku saat ini baik dari segi akademik maupun non akademik. Seperti apa saja kendala yang ditemui mahasiswa selama sistem ini berjalan. Selain evaluasi-evaluasi yang akan ditinjau nantinya, beberapa dampak baik dari berlakunya sistem pembelajaran blok ini diharapkan masih terus berjalan dalam sistem pembelajaran di kampus Politeknik AKA Bogor.

            Setelah diadakannya kegiatan ini, diharapkan seluruh keluhan-keluhan yang telah di sampaikan dalam diskusi publik mengenai sistem blok yang berlaku saat ini di kampus Politeknik AKA Bogor, diharapkan mahasiswa dapat bersama sama mengkaji sistem blok ini, karena untuk mencapai suatu sistem sistem yang baik dalam suatu sistem pembelajaran, diperlukan beberapa kajian dengan data-data lapangan yang akurat. Sehingga nantinya sistem pembelajaran yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik. (ross/tsy)