JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini Berita Berita Internal Recent Update

TALK SHOW PERINDUSTRIAN BERSAMA FLMPI

P_20171118_100218Jurnalikanews- Sabtu (18/11/2017), Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) Politeknik AKA Bogor menggelar Talk Show Perindustrian pada pukul 08.00-12.00 WIB, yang bertempat di Aula Politeknik AKA Bogor, dengan mengusung tema “ Peran Mahasiswa Perindustrian dalam Meningkatkan Daya Saing dan Produktivitas Industri di Indonesia”. Narasumber yang dihadirkan pun sangat berkualitas, antara lain Drs. Mujiyono, MM (Kepala Pusdiklat Kementrian Perindustrian RI); Ir. Herman Supriyadi, MM ; dan Ir. Maman Sukiman, M.Si (Direktur Politeknik AKA Bogor). Adapun tujuan dari Talk Show ini ialah agar mahasiswa lebih paham apa yang sedang dibutuhkan oleh dunia industri saat ini sehingga saat lulus nanti akan lebih terarah dalam mengikuti dunia perindustrian. Tak hanya mahasiswa Politeknik AKA Bogor tetapi dosen dan peserta dari luar kampus juga mengikuti acara ini.

“Sebenarnya untuk lulusanya nanti, hal itu terserah pada pilihan masing-masing, tapi untuk yang dijelaskan hari ini lebih mengarah pada hal-hal yang dibutuhkan di industri saat ini, sehingga kita sebagai mahasiswa tau akan jadi apa dan lebih terarah.”, ucap Ronaldo, selaku ketua pelaksana.

Narasumber yang diundang disesuaikan dengan tema yang diusung, sebagai salah satu sekolah perindustrian maka diundanglah orang-orang dari industri yang memang paham tentang perindustrian. Dalam penyampaian materi, Drs. Mujiyono, MM menjelaskan tentang apa peran dari kementrian dalam meningkatkan kompetensi atau sumber daya manusia dalam bidang industry, dan hal yang disampaikan lebih menjelaskan tentang akademika dari internal sekolah perindustrian. Setelah itu Ir. Herman Supriyadi, MM menjelaskan tentang bagaimana kondisi perindustrian hari ini, kerena dalam biro perencanaan, merencanakan bagaimana industri 5 tahun ke depan. Narasumber yang terakhir yaitu Ir. Maman Sukiman, M.Si selaku Direktur Politeknik AKA Bogor menjelaskan mengenai bagaimana lulusan AKA Bogor kedepannya.

Dalam kegiatan Talk Show Perindustrian yang berlangsung ini peserta mengharapkan agar kegiatan dapat berlansung tepat waktu serta adanya koordinasi yang baik antara panitia dengan pembawa acara dan moderator.

“ Salah satu cara agar acara dapat terkoordinir dengan baik yaitu diadakannya briefing sebelum acara dimulai, karena tadi terlihat sekali kurang koordinasi antara pihak acara dan moderator”, ujar Riri, salah satu peserta Talk show.

Peserta berharap dengan diadakannya acara seperti ini dapat menambah pengetahuan tentang sekolah perindustrian, menambah informasi tentang hubungan antara Politeknik AKA Bogor dengan Pemerintah Perindustrian, serta kondisi industri saat ini. Dari pihak FLMPI juga mengharapkan dapat mengadakan acara seperti ini berkelanjutan karena sebenarnya acara ini belum bisa disebut sebagai rutinitas.

Penulis : Ulfany Nurlaila & Septiana Nursyafa