JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

AGUNG HAPSAH

agungJurnalikanews- Untuk para pengguna akun sosial media Youtube, siapa yang tak mengenal youtuber muda dan berbakat yang satu ini?. Yap… dia adalah Agung Hapsah. Namanya mulai meroket saat ia mulai membuat beberapa video di situs jejaring video terbesar di dunia yaitu Youtube. Agung Hapsah sendiri memulai karirnya dalam membuat video dan di upload ke Youtube pada umur 11 tahun. Yang mendasari ketertarikannya dalam membuat video making adalah karena kesukaannya menonton film. Dari sanalah ia berpikir untuk membuat video yang disukainya.. Video yang disajikan pun bisa dibilang sangat inovatif serta konten-kontennya juga sangat menarik. Namanya semakin mencuat saat ia mulai berkolaborasi dengan youtuber-youtuber terkenal lainnya seperti Chandra Liow dan Reza Arap Oktovian. Maka tak heran, jika dirinya memiliki subscriber yang sangat banyak.

Agung juga dikenal sebagai video blog (vlog) atau vlogger yang mempunyai ciri khas dalam aksen berbicara. Pria kelahiran Ujung Pandang, 18 tahun lalu itu, sejak kelas 3 SD sudah berdomisili di Australia. Ini karena sang ayah saat itu menjalani pendidikan di Negeri Kanguru. Hingga kelas 2 SMP, dia baru kembali ke Indonesia. Selanjutnya ia masuk ke SMP berstandar internasional di Tana Paser. Oleh karenanya, dalam pembuatan vlog agung tidak begitu fasih dalam berbahasa Indonesia. Selain membuat vlog, dirinya juga dikenal dalam pembuatan editing filmmaker. Dalam hal pengeditan video, agung sering menggunakan beberapa software seperti adobe premier pro dan after effect sebagai software tambahan untuk menambahkan beberapa effect di setiap videonya.

agung 2Dalam salah satu video yang di unggah di channel youtubenya, Agung Hapsah berpesan agar dalam membuat video haruslah didasari rasa suka, bukan karena hal lain. Kebanyakan orang hanya menginginkan mendapatkan uang dari berbagi video ke Youtube sehingga apabila videonya tidak banyak ditonton orang, ia akan mudah putus asa. Sedangkan jika berdasarkan minat atau atas keinginan sendiri, maka ia akan tetap membuat video yang bagus. Agung Hapsah berkata, akan terlihat video yang dibuat karena keinginan sendiri atau karena ingin mendapatkan uang. Untuk penghasilan sendiri, Agung Hapsah mendapatkan penghasilan yang terbilang fantastis perbulannya untuk ukuran usianya, yaitu berkisar 10 juta sampai dengan 100 juta rupiah per bulan. (WHY)