JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Fidget Spinner, Mainan Masa Kini

3

www.edition.cnn.com

Jurnalikanews – Pasti Anda tak asing lagi dengan benda yang satu ini. Yaps benda kekinian ini diberi nama Fidget Spinner. Bentuknya hampir mirip dengan shuriken. Permainan ini dimainkan dengan cara memegang bagian tengahnya dengan dua jari lalu memutaarnya. Bukan hanya anak-anak dan remaja, orang dewasa pun suka memainkannya.
Dilansir dari www.duniaku.net fidget spinner pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger pada tahun 1996. Awalnya fidget spinner ini dibuat untuk mengurangi kebiasaan buruk seseorang seperti menggigit kuku atau untuk menghilangkan rasa bosan ketika sedang tidak ada kerjaan. Namun, saat ini hak patennya sudah tidak berlaku sehingga banyak perusahaan mengembangkan mainan ini dengan mengubah bentuk maupun tampilannya agar lebih menarik dan disukai konsumen.
Melihat dari namanya pun kita sudah mengetahui fungsi dari benda ini. Fidget dalam bahasa indonesia berarti gelisah atau cemas, sedangkan Spinner berarti pemutar. Jadi secara bahasa, mainan ini memiliki arti sebuah alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa bosan. Selain itu, memainkan Fidget Spinner ini dapat memberikan relaksasi sehingga mengurangi stres, melatih fokus, menghilangkan rasa cemas atau gugup, dan membantu melancarkan peredaran darah.
Untuk anda peminat Fidget Spinner, mainan ini memiliki beragam bentuk. Dilansir dari www.kupaman.com macam-macam bentuk diantaranya yaitu :4

www.alibaba.com

Tri-Spinner
Tri-Spinner adalah Fidget Spinner yang memiliki tiga bilah. Bentuk ini merupakan bentuk yang paling awal muncul sehingga terlihat sedikit klasik. Tri-Spinner ini pun biasanya dibuat berbagai variasi seperti ujung bilah yang berbentuk runcing maupun berbentuk segitiga.
Two-Spinner
Two Spinner yaitu Fidget Spinner yang hanya memiliki dua bilah. Variasi bentuknya ada yang berbentuk swirl hingga bentuk yang mirip logo Batman.
Quad Spinner
Quad Spinner adalah Fidget Spinner yang memiliki empat bilah. Umumnya selain menggunakan satu bearing pusat yang terletak ditengah, juga menggunakan empat bearing sebagai penyeimbang di keempat bilahnya.
Tanpa Bilah
Fidget spinner yang seperti ini hanya menggunakan satu bearing pusat yang berada di tengah. Fidget Spinner ini bisa berputar dengan stabil karena menggunakan bahan logam yang lebih berat sehingga tidak memerlukan penyeimbang. Variasi untuk Fidget Spinner ini cukup unik ada yang berbentuk tameng Captain America dan juga ada yang bagian tepinya menggunakan rantai motor.
Snowflake
Desain ini mirip dengan kepingan salju. Fidget Spinner ini memiliki enam bidang heksagonal yang mengelilingi bearing pusat dan bisa berputar dengan stabil tanpa penyeimbang meskipun tak terbuat dari logam.
Revolver
Bentuk ini mirip dengan desain silinder pada pistol revolver. Biasanya Fidget Spinner ini menggunakan enam buah pemberat sebagai penyeimbang di sisi luarnya.
Nah, apakah Anda berminat untuk memiliki mainan ini ? (va)