JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Eksternal Recent Update

Semarak Indonesia Open 2017

1Jurnalikanews- Perhelatan akbar dan bergengsi di dunia perbulutangkisan, BCA Indonesia Open Superseries Premier (BIOSSP) kembali digelar mulai tanggal 12-18 Juni 2017. Seperti yang dilansir dari situs www.cnnindonesia.com, terhitung lebih dari 300 atlet dari 21 negara siap bersaing di ajang yang menjanjikan total hadiah senilai USD 1.000.000 atau lebih dari Rp 13 Milyar, berbeda dari tahun lalu yang hanya menyajikan USD 900.000 atau kurang lebih Rp 12 Milyar.

Selain total hadiah, lokasi penyelenggaraannya pun berbeda dengan tahun lalu. Istora (Istana Olahraga) Gelora Bung Karno, yang secara konsisten menjadi tempat penyelenggaraan Indonesia Open sejak tahun 2004, harus berpindah ke Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Hal ini disebabkan masih dilakukannya tahap renovasi Istora Gelora Bung Karno demi persiapan venue Asian Games yang akan berlangsung 2018 mendatang.

Perhelatan kejuaraan bulutangkis paling bergengsi di Indonesia ini dipastikan menghadirkan pemain peringkat 10 besar dunia yang akan langsung bertanding di babak utama (babak 32 besar).

Untuk tahun ini, babak 32 besar dipertandingkan selama dua hari (Selasa-Rabu) karena kondisi main hall  yang hanya mampu memuat tiga lapangan dan mengharuskan terselesaikannya 79 pertandingan. Babak 32 besar yang berlangsung dengan rincian hari selasa(13/06) mempertandingankan nomor tunggal putri dan ganda campuran sedangkan hari rabu(14/06) mempertandingkan nomor tunggal putra, ganda putra, dan ganda putri.2

Harga tiket penonton untuk tahun ini naik drastis dibandingkan tahun lalu. Tiket termurah untuk babak kualifikasi(12/06)  tahun ini senilai Rp. 35.000,00. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya bermodalkan Rp 15.000,00 saja sudah bisa duduk nyaman di kursi penonton. Hal ini merupakan dampak dari kapasitas penonton yang hanya menampung tidak lebih dari 3500 kursi.

Terlepas dari sedikitnya kapasitas penonton yang berimbas pada melonjaknya harga tiket, BIOSSP 2017 menyajikan booth-booth menarik yang menampilkan permainan, penjualan merchandise, face painting, hingga kuliner.

Selain itu, panitia penyelenggara pun menyediakan takjil gratis yang  berjumlah 50% dari kapasitas penonton mulai hari ini (13/06). Seperti yang dilansir dari www.djarumbadminton.com, “Paling maksimal hanya 50% dari kapasitas penonton yang disiapkan untuk takjil dan utamanya yang berpuasa. Jadi nanti konsep pemberiannya saat para penonton berbuka kami akan beri satu-satu, jadi tidak dibagikan di dalam arena pertandingan,” ucap Achmad Budiharto selaku Ketua Panitia Pelaksana Indonesia Open.

Jadwal pertandingan bisa dilihat di www.tournamentsoftware.com. Pembelian tiket secara online dapat dilakukan di situs blilbli.com atau ibudibjo.com. Dan untuk kamu yang kehabisan tiket di laman penjualan tiket online BIOPSS 2017, jangan khawatir! Tiket harian masih bisa dibeli di ticket box yang tersedia di lokasi penyelenggaraan.

Jadi, sudahkah kamu meramaikan BCA Indonesia Open Superseries kali ini? (Lz/AV)

(15/6/17)