JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini Recent Update

Akreditasi Politeknik AKA Bogor Naik Peringkat

Jurnalikanews– Akreditasi sangat penting bagi perguruan tinggi karena merupakan cerminan kinerja perguruan tinggi yang menggambarkan mutu, menjaga dan meningkatkan kualitas kampus. Hal ini juga menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa yang BAN ptsedang mencari perguruan tinggi. Karena dari akreditasi dapat dilihat kesiapan perguruan tinggi dalam proses belajar mengajar dan dapat menjadi modal di masa depan untuk diaplikasikan di dunia kerja.

Bulan Januari lalu, kabar baik menghampiri kampus tercinta kita. Berdasarkan dari situs resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan, salah satu prodi di Politeknik AKA Bogor, yaitu prodi Analisis Kimia mendapatkan kenaikan peringkat dari peringkat B menjadi peringkat A (No. SK 0041/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/I/2017). Penilaian ini dilakukan secara menyeluruh terkait kinerja kampus dalam waktu tertentu, dan biasanya dilakukan 5 tahun sekali. dengan beberapa aspek penting seperti Tri Dharma Perguruan Tinggi, fasilitas kampus, SDM kampus, civitas akademik, alumni, kurikulum, dan pelatihan-pelatihan.

Memang baru satu prodi saja yang mengalami pembaharuan akreditasi kembali, namun untuk dua prodi lainnya, images (10)yaitu Pengolahan Limbah Industri (PLI) dan Penjaminan Mutu Industri Pangan (PMIP) masih diperingkat C karena baru dibentuk dan pengajuan akan ditahan dulu sampai kedua prodi tersebut telah memliki lulusan karena salah satu aspek penting dari akreditasi adalah peran alumni.

“Nah, nanti kan 2018 angkatan pertama PLI sama PMIP lulus, baru pas 2019, kita akan mengajukan dua akreditasi yang untuk prodi PMIP dan PLI” ucap bapak Candra Irawan selaku Pembantu Direktur I Politeknik AKA Bogor.

Semoga dengan adanya pembaruan akreditasi ini dapat memberikan semangat bagi para civitas akademik agar dapat menjadikan kampus kita menjadi kampus dengan lulusan yang kompeten dan terbaik! (bt/ines)

25/02/2017