JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Berburu Camilan di Brebes

Jurnalikanews-Jika kita berada jauh dari kampung daerah maka selain keluarga ada juga hal-hal lain yang yang kita rindukan salah satunya camilan khas daerah kita. Selama ini Brebes memang dikenal dengan telur asinnya, namun kali ini jurnalika akan memperkenalkan beberapa camilan yang bisa ditemukan di Brebes dan daerah jawa lainnya.

  1. BluderBluder

Camilan ini bahan pembuatannya sama dengan bahan kue, namun yang membedakan adalah ada tambahan santan dan pembuatannya tidak menggunakan mixer. Pembuatannya yang tidak menggunakan mixer  inilah yang membuat camilan ini padat dan tidak mengembang. Karena itulah bluder sering disebut kue bantet. Bluder bisa bertahan hingga hari-hari karena santan yang digunakan direbus lama hingga mengeluarkan minyak. Rasanya yang gurih dan manis membuat camilan ini cocok disajikan bersama teh hangat.

2. Alu-alu

alu-aluCamilan ini terbuat dari ketan asli yang dibungkus daun pisang seperti lontong. Biasanya alu-alu disajikan dengan parutan kelapa yang dilumuri merata pada bagian luar. Cara membuat camilan ini dengan merebusnya. Karena tidak banyak orang-orang yang menjualnya atau bahkan membuatnya. jajanan ini juga tidak bertahan lama karena teksturnya yang lembek dan dicampur dengan kelapa.

Kembang temu
 
 
3. Kembang temu

Camilan ini terbuat dari tepung beras yang direbus, dengan bentuk bulat atau panjang. Umumnya yang berbentuk bulat mempunyai tekstur kasar sedangkan yang panjang bertekstur halus. Camilan ini dinikmati dengan kuah santan gurih atau santan manis.

4. Cethil

CthilCamilan ini umumnya berbentuk kotak kecil-kecil yang berwarna-warni. Pada lapisan luarnya dilumuri oleh campuran parutan kelapa dan gula pasir sehingga rasanya juga manis. Ketika digigit kue ini terasa kenyal karena terbuat dari tepung tapioka. Cara penyajiannya yaitu dibungkus daun pisang, dan untuk melahapnya menggunakan potongan lidi yang runcing kemudian ditusuk kedalam kue dan digigit kedalam mulut.

Dengan banyaknya camilan dan makanan instan, semoga camilan-camilan ini tidak tergerus zaman J. (N.C)