JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

SEMPOL, PANGANAN LEZAT DARI KOTA APEL

Jurnalikanews-Akhir-akhir ini banyak bermunculan pedagang sempol di berbagai daerah di Pulau Jawa. Sempol merupakan olahan tepung kanji dan daging ayam. Sempol dapat ditemui di pinggiran jalan perkotaan maupun pedesaan dimulai dari pagi sekitar pukul 09.00 WIB hingga malam hari. Sempol biasanya dijual oleh pedagang kaki lima ataupun dijual oleh pedagang keliling.

IMG_20170113_124202

Tak hanya di kota Malang, kini sempol mulai dijual di berbagai daerah khususnya di Jawa Timur dan sekitarnya. Makanan dari kota apel tersebut mulai divariasikan dengan balutan telur (sempol telur) serta aneka bumbu. Belum diketahui sejak kapan makanan ini mulai digemari masyarakat.IMG_20170113_121207

Sempol merupakan makanan ringan yang sederhana serta pas dibuat camilan. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan membuat adonan dari daging ayam, tepung kanji, tepung terigu, dan rempah-rempah. Lalu adonan ditusukkan pada tusuk sate dan direbus sampai setengah matang. Setelah diberi balutan telur, digoreng sampai matang. Sempol biasa dinikmati bersama saus sambal ataupun saus kacang.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menikmati lezatnya panganan ini? (FF)

30/01/2017

Tinggalkan Balasan