JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

“Ikan Dewa” di Kolam Cibulan

Jurnalikanews- Berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan, terutama ketika musim kemarau tiba. Selain menyegarkan, aktivitas berenang juga sebagai bagian dari alternatif olahraga sambil melepas penat, terutama ketika liburan tiba. Banyak destinsi wisata untuk berenang yang menawarkan berbagai macam wahana-wahana air yang menarik untuk dicoba. Namun di Kuningan, Jawa Barat lebih tepatnya daerah Kecamatan Cigugur menawarkan sesuatu yang unik. Apa yang membuat wisata kolam Cibulan ini unik? Yup, kita diajak berenang bersama “Ikan Dewa”, begitu masyarakat setempat menyebut ikan yang dikeramatkan ini. Berwarna abu-abu kehitaman, mungkin terlihat biasa jika melihatnya, jadi apa yang membuat ikan ini diistimewakan bahkan diberi julukan “Ikan Dewa”?

5._Pemandian_Cibulan_dibagi_dalam_2_kolam,_semuanya_dapat_digunakan_sebagai_tempat_berenang_bersama_ikan_dewa_Sumber : www.indonesiakaya.com

Kanra Bodas (Labeobarbus doumensis) atau akrab disebut Ikan Dewa ini mempunyai keistimewaan. Ketika air kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana namun ketika kolam diisi lagi dengan air ikan-ikan tersebut akan muncul dengan sendirinya. Menurut cerita di daerah sekitar, ikan-ikan tersebut merupakan prajurit-prajurit yang dikutuk karena membangkang ketika pemerintahan Prabu Siliwangi.

cibulanSumber : http://autobiografi2015.blogspot.co.id

Dan konon, jumlah ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang tidak pernah berkurang maupun bertambah. Ikan Dewa ini dilarang untuk dibawa pulang, berdasarkan kepercayaan apabila ada yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut maka akan mendapat kesialan.

Meskipun banyak mitos yang melekat pada ikan tersebut, namun ikan ini dikenal ramah dengan pengunjung. Bahkan apabila berkunjung ke Kolam Cibulan ini kita bisa menikmati terapi ikan dewa itu sendiri, terlihat cukup menyeramkan ketika ikan-ikan ini berkumpul saat kita mencelupkan kaki dan sensasi rasa geli maupun seperti tersengat listrik ketika ikan ini mulai mengigit-gigiti kaki kita. Namun hal ini tidak menurunkan minat pengunjung untuk mencoba berenang dengan ikan-ikan keramat. Bagaimana? Tertarik berenang dengan ikan keramat yang memiliki banyak mitos tersebut? (Spr)

29/01/2017