JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

TEH POCI, CARA UNIK MENIKMATI SECANGKIR TEH

Jurnalikanews- Teh poci merupakan minuman khas dari Tegal yang mempunyai ciri khas tersendiri pada proses penyajiannya, yakni dengan cara diseduh dalam poci dan cangkir dari tanah liat. Minuman ini biasanya ditambah dengan gula batu dan diminum panas-panas.

Pengakuan teh poci sebagai identitas Tegal diberikan oleh kalangan seniman Indonesia beupa antologi puisi Dari Negeri Poci 1-4. Penyair Handrawan Nadesul menyebut kumpulan puisi tersebut lahir dari spontanitas penyair Indonesia yang bernostalgia di Tegal.

teh pociSumber: satetegal-lakalaka.com

Istilah “”WASGITEL”” yang melekat pada teh poci awalnya dipopulerkan oleh masyarakat Tegal, Slawi, Pemalang, Brebes dan sekitarnya. Istilah “”WASGITEL”” sendiri merupakan singkatan dari wangi, panas, sepet, legit, lan kentel, yang artinya teh panas, manis, beraroma wangi dan pekat/kental.

Minuman khas Tegal ini biasanya menggunakan teh hijau atau teh melati. Saat diseduh, aroma yang keluar begitu khas dan bias membuat rileks. Waktu terbaik menikmati teh poci adalah pagi atau sore dan malam hari dengan ditemani makanan kecil tradisional seperti mendoan.

Yang unik dari teh poci adalah poci yang digunakan untuk menyeduh teh biasanya bagian dalamnya tidak dicuci, namun hanya dibuang sisa tehnya saja. Masyarakat Tegal percaya kerak sisa teh didasar poci akan menambah cita rasa ““WASGITEL””.

Moci, atau tradisi minum teh poci dimasyarakat sekitar merupakan simbiosis mutualisme antara sejumlah pabrik teh dan pabrik gula di Tegal yang tumbuh sejak zaman Belanda, perajin gerabah poci yang tumbuh dipedesaan, dan masyarakat pecinta teh poci.

Dari sekedar teman minum, kultur minum teh di Tegal menjelma dalam beberapa peran, mulai dari menjaga silahturahmi hingga menjadi alat control social di tengah masyarakat. Bukan hanya itu, moci juga menjadi pengiring sarana untuk bereksplorasi bagi para senima Tegal, mereka berpendapat kurang tepat bila mencari inspirasi tanpa ditemani dengan poci beraroma wasgitel.

Teh poci “”WASGITEL”” ini dapat ditemukan dipinggir-pinggir jalan kota Tegal, banyak pula warung-warung yang menyajikan baik restoran besar maupun warung lesehan yang buka setiap matahari terbenam. (nachi49)

(26/1/17)

Tinggalkan Balasan