JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Keindahan Pantai Parangtritis yang Tidak Bisa Dilewatkan Begitu Saja

Jurnalikanews – Seperti kita ketahui, Pantai Parangtritis dan Yogyakarta merupakan satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Jika bertanya tentang pantai di Yogyakarta pasti jawabnya adalah Pantai Parangtritis. Sebab pantai tersebut menyimpan banyak sisi yang sudah menjadi ciri khas kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis selalu menyuguhkan berbagai keindahan selama 24 jam. Wisata pantai Parangtritis berada di selatan Kota Yogyakarta tepatnya ada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul – Yogyakarta, Wisata ini mempunyai jarak sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta, untuk sampai di tempat ini sangatlah mudah, karena transportasi menuju ke pantai tersebut sudah banyak dan umumnya akan beroperasi sampai pukul 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat sore hari saat terbenamnya matahari, pemandangan sunset yang cukup memikat dan panorama bibir pantai yang sangat mempesona menjadikan lokasi wisata ini sangat sayang sekali untuk tidak dinikmati. Selain itu apabila Anda mengunjungi tempat ini tiba lebih cepat, maka Anda akan mempunyai kesempatan untuk melihat pemandangan pantai dari atas tebing yang letaknya berada di belakang pantai ini. Nama dari tebing itu adalah Tebing Gembirawati.

parangtritis

Disini Anda juga akan menemukan sebuah reruntuhan Candi yang masyarakat sekitar memberi nama Candi Gembirawati. Letak candi tersebut berada di sebelah timur tebing Gembirawati dan jarak dari bibir pantai hanya beberapa meter saja. Menurut keyakinan dari masyarakat Jawa, Objek wisata Pantai Parangtritis mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan atau biasa orang menyebutnya Ratu Kidul, dan merupakan penguasa laut selatan. sampai – sampai ada sebuah resort yang terinspirasi dari legenda tersebut sehingga memberinya nama Hotel Queen of the South.Parangtritis juga disebut sebagai pintu gerbang dari kerajaan laut selatan, oleh karena itu masyarakat sekitar mempercayai apabila ada seseorang yang datang kesana menggunakan pakaian berwarna hijau, maka orang tersebut akan mendapatkan musibah.

-Kegiatan Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Parangtritis:

Menikmati keindahan Pantai memang sangat mengasikan, terlebih apabila Anda menikmati suasana pantai dari atas tebing. Di Parangtritis juga tersedia fasilitas seperti ATV, Delman dan Kereta Kuda yang bisa Anda sewa untuk menikmati suasana pantai yang ada di Parangtritis. Menyusuri keindahan Pantai dengan menggunakan tersebut menjadi sensasi tersendiri bagi Anda yang datang kesini terlebih apabila Anda mencoba mengendarai ATV.Melewati gundukan – gundukan pasir yang banyak terdapat di lokasi wisata ini menggunakan kendaraan ATV akan membuat hiburan tersendiri bagi Anda yang hobby berkendara, sensasi seperti ini kemungkinan jarang sekali Anda peroleh jadi, apabila Anda mengunjungi Parangtritis jangan melewatkan begitu saja.

Selain fasilitas diatas yang bisa Anda nikmati di Parangtritis, Anda juga bisa mencoba menikmati suasana pantai dengan menggunakan Airomodeling yang juga bisa Anda sewa disana, ini dikhususkan bagi Anda yang mempunyai keberanian tentunya. Dengan menggunakan fasilitas ini dijamin kepuasan Anda berwisata ke Parangtritis akan semakin terasa.

Keindahan sunset juga bisa Anda nikmati di lokasi wisata ini, yang banyak dinanti – nanti oleh wisatawan yang datang ke Parangtritis. Bagi Anda yang belum puas menikmati keindahan pantai di sore hari, Anda bisa melanjukan sampai malam hari sambil menikmati jagung bakar yang banyak dijajakan pada saat malam hari. Bagi Anda yang ingin menikmati mandi di pemandian air panas, di dekat lokasi Pantai Parangtritis juga terdapat pemandaian yang bernama Parangwedang, konon air dari pemandian ini bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, karena kandungan belerangnya. gimana asik bukan ?

Itulah ulasan mengenai keindahan Pantai Parangtritis yang ada di kawasan Yogyakarta,semoga anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini. (MRAL)

(26/1/17)