JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Hari Gizi Nasional ke-57 : Indonesia Membangun Gizi Seimbang

Jurnalikanews– Setiap tahunnya, Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) yang jatuh pada tanggal 25 Januari. Peringati HGN yang ke-57 tahun ini mengambil tema besar  “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi”.

hari gizi

“Peringatan Hari Gizi Nasional bukan sekadar momentum , karena sesungguhnya hari ini adalah sebagai bentuk peringatan bahwa gizi turut berperan penting dalam kehidupan kita. Terlebih sebagai manusia yang hidup yang membutuhkan makan. Peringatan hari ini sebagai alarm untuk sadar bahwa gizi itu penting” (Almarhum Prof. Poorwo Soedarmo, Bapak Gizi Indonesia)

Sejarah HGN di Indonesia

Menurut Pedoman Hari Gizi Nasional, Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh LMR (Lembaga Makanan Rakyat) pada pertengahan tahun 1960-an, dan dilanjutkan oleh Direktorat Gizi pada tahun 1970-an hingga sekarang. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan tanggal 26 Januari 1951. Sejak saat itu pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Di kemudian hari disepakati bahwa hari gizi nasional ditetapkan menjadi tanggal 25 Januari.

Sudah tahukah kalian bahwa 4 Sehat 5 Sempurna kini sudah berganti pedoman menjadi Gizi Seimbang? Sejak tahun 1955 sudah mulai beralih namun pada tanggal 27 Januari 2014 disusunlah Pedoman Gizi Seimbang yang baru. Pesan-pesan PGS baru tersebut adalah :

  1. Syukuri dan nikmati anekaragam makanan;
  2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan;
  3. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi;
  4. Biasakan mengonsumsi anekaragam makanan pokok;
  5. Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak;
  6. Biasakan Sarapan;
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman;
  8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan;
  9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir;
  10. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal

nasional

Salah satu kegiatan dalam memperingati hari gizi tahun ini adalah Karnaval Ayo Melek Gizi (AMG) 2017 yang diselenggarakan oleh PT. Sarihusada dan PT. Nutricia yang tergabung dalam Danone Early Life Nutrition (ELN) bersama Indonesia Nutrition Association (INA) yang didukung oleh Pemerintah Kota Yogyakarta mengajak warga kota Gudeg mengikuti Karnaval yang dilakukan dari Benteng Vrederburg menuju Taman Pintar.

Semoga bangsa Indonesia mampu menerapkan program gizi seimbang sehingga menuju bangsa yang sehat dan berprestas. (SS)

Sumber:

http://www.beritasatu.com/kesehatan/410529-karnaval-gizi-2017-tekankan-pentingnya-gizi-seimbang.html

http://www.kompasiana.com/listhiahr/25-januari-selamat-hari-gizi-indonesiaku_54f9085ca33311e83f8b494a

(26/1/17)