JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Internal

Berburu Job di AKA Edu Fair

Jurnalikanews-Mengawali tahun dengan sesuatu yang bermanfaat menjadikan AKA Edu Fair sebagai pilihan yang tepat. Acara tahunan yang berlangsung di Politeknik AKA Bogor ini, menyuguhkan sesuatu yang menarik bagi para pemburu ilmu di bidang pendidikan hingga profesi. Tak tanggung-tanggung rangkaian acara ini dilaksanakan berturut-turut dari 22-25 Januari 2017 yang meliput seminar ISO 17025, Upgrade Profesi, serta Job Fair yang menjadi rangkaian terakhir dari acara AKA Edu Fair tahun ini. Berbeda dengan rangkaian lainnya, Job Fair menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memberi solusi khususnya untuk memperluas jalur-jalur pekerjaan yang kini semakin menyempit.

aka

Job Fair diawali dengan seminar motivasi profesi oleh Alek Salehudin. Dalam kesempatan ini, para peserta diberikan suntikan semangat untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi persaingan ketat di dunia profesi. Keyakinan, penampilan, dan perkenalan menjadi hal utama yang harus diperbaiki untuk menjadi seseorang yang terpilih. Alek juga menyampaikan bahwa membuka pola pikir menjadi lebih luas dan menumbuhkan motivasi adalah modal awal untuk hidup.

““Lumayan bagus acaranya, karena bisa memberi link-link tetang pekerjaan. Tapi link tentang Bidang kimianya masih kurang, keseluran sudah bagus ko.”” Kesan Vina Oktaviana, salah satu peserta Job fair.

Pihak panitia telah mengusahakan untuk menghadirkan stand perusahaan-perusahaan dalam bidang kimia, nanti acara yang merupakan program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik AKA ini bekerja sama langsung dengan One Orginizer selaku event orginizer sehingga memungkinkan untuk hadirnya perusahaan-perusahaan diluar bidang kimia. Adapun perusahan yang bergabung dalam Job Fair yaitu Sun Life, Spin City, PT Matahari Dept. Store, PT Tirta Alam Sagar, Horison Hotel, Jambu Luwuk Hotel, PT Mandar, PT Kalbe Farma Tbk, PT Manulife, PT Lautan Luas Tbk, PT Mandar, dan PT Bogasari Indofood. Dengan mengunjungi stand tersebut kita dapat mengetahui lebih mendalam mengenai bagian-bagian pekerjaan yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Para pesertapun dapat mendaftar sebagai kandidat calon pekerja dengan memeberikan data diri yang menjadi tahap awal untuk seleksi.

edu fair

Walau bukan menjadi yang pertama kalinya, Job Fair dan rangkaian Edu fair lainnya tak luput dari kendala. Acara yang molor hingga target peserta yang tidak terpenuhi masih menjadi persoalan yang disayangkan khususnya oleh pihak panitia. Hal ini dikarenakan pemilihan waktu yang bertepatan dengan hari libur semester ganjil dan publikasi yang tidak meluas.

““Harapannya untuk tahun depan, promosi acara lebih meluas lagi dan rangkaian serta kontenan acara dapat lebih menarik. Sehingga masyarakat bisa lebih mengenal AKA dan mendapatkan manfaat dari acara-acara yang sudah diadakan.”” Harapan dari M. Huda Firdaus selaku ketua pelaksana AKA Edu Fair 2017. (YG/NL)

26/1/17