JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Alam Tulungagung

Jurnalikanews-Tulungagung adalah kota yang terletak di bagian paling selatan Pulau Jawa, yang membuat kota ini kaya akan wisata alam terutama pantai. Tidak hanya kekayaan wisata alamnya saja yang melimpah namun Tulungagung juga sangat terkenal atas sumber daya alamnya hingga mancanegara yaitu marmer. Menurut sejarah, penamaan Tulungagung berasal dari daerahnya yang dahulu kala memiliki banyak sekali mata air, bahkan daerah Tulungagung bisa dikatakan merupakan rawa-rawa. Namun sejak dibuat nya terowongan niama yang membelah gunung di sebelah selatan Tulungagung menuju ke pantai sidem, rawa-rawa mulai mengering dan kini berubah menjadi bangunan bangunan yang membuat Tulungagung menjadi kota yang padat dan ramai.

Meski begitu, pembangunan yang terus meningkat tidak menjadi perusak pesona alam yang ada, wisata alam tetap terjaga hingga saat ini. Berikut beberapa pesona alam yang ada di Tulungagung:

  1. Pantai Kedung Tumpang

alamFoto: blogspot.co.id/2015/07/pantai-kedung-tumpang-tulungagung.html

Terletak di Desa pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung. Tidak seperti pantai pada umumnya di pantai kedung tumpang ini anda tidak akan menemukan pasir pasir yang halus, tapi yang akan anda temukan adalah tebing batu yang terjal dengan kolam kolam alaami yang menawan.

  1. Pantai Pathok Gebang

tulungagungFoto: misterbolang.com/2013/11/pantai-pathok-gebang-sanggar-tulungagung.html

Wisata pantai yang satu ini terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Yang membedakan pantai ini dengan pantai yang lain adalah ombak besarnya yang menabrak dindng dinding karang menimbulkan lompatan air yang cukup tinggi. Karena hal tersebut pula tentu saja anda juga harus berhati hati saat berkunjung ke pantai ini.

  1. Air Terjun Lawean

laweanFoto: tribunnews.com/travel/2015/01/07/lelah-jalan-kaki-dua-jam-terbayar-oleh-eksotika-air-terjun-lawean-di-tulung-agung

Tidak hanya pantai Tulungagung yang jika dilihat dari letak geografis nya dikelilingi oleh gunung juga memiliki air terjun yang menawan, salah satunya adalah air terjun lawean ini. Terletak di Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Wisata alam ini dapat diakses dengan mendaki lereng gunung wilis kurang lebih 1200m diatas permukaan laut.

  1. Gunung Budeg

gunung budegFoto: facebook.com/Julius.V.Abd

“Budeg” atau dalam bahasa Indonesia “tuli” adalah nama dari salah satu gunung yang terdapat di Tulungagung. Terletak di Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 623m diatas permukaan laut ini merupakan wisata pendakian yang baru baru ini nge-trend di kalangan anak muda. Bagi para pendaki yang ingin menikmati suasana Tulungagung dari ketinggian saya sarankan untuk melakukan pendakian dan berkemah di puncak gunung budeg ini.

Itulah tadi sebagian kecil dari kekayaan alam wisata yang terdapat di Tulungagung, sebenarnya masih banyak lagi wisata wisata alam yang ada seperti: Pantai Popoh, Pantai Sidem, Goa Selomangleng, Pantai Sanggar, Waduk Wonorejo dan lain lain, masih banyak lagi tempat wisata yang luar biasa. Untuk itu silahkan untuk berkunjung dan menikmati sekaligus merawat serta menjaga segala karunia tuhan yang dititipkan di tanah Tulungagung ini. (xt)

(26/1/17)