JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Tahuku Penuh Cerita

Jurnalikanews- Seperti yang kita tahu, ‘tahu’ merupakan makanan wajib layaknya beras. Tahu yang berasal dari endapan biji kedelai yang dikentalkan ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia sehingga muncul berbagai varian tahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan luar tahu ada yang berwarna putih maupun kuning. Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe. Di Kediri tahu kuning menjadi makanan khas. Tahu ini dikenal sebagai tahu taqwa. Tempat lain yang juga dikenal dengan tahu adalah Sumedang (tahu Sumedang).

tahu

Di balik teksturnya yang lembut dan lezat, ternyata ada beragam manfaat tahu bagi kesehatan tubuh. Tahu termasuk makanan yang rendah kalori, yaitu hanya terdapat sekitar 70 kilokalori di dalam 100 gram tahu, tapi tinggi protein yaitu 8 gram dan memiliki kalsium yang cukup tinggi (130mg per 100 gram tahu). Itulah kenapa, sayang sekali jika Anda tidak menyukai tahu dan menyia-nyiakan manfaat tahu yang ada di dalamnya.

tahuku

Tahu memiliki manfaat baik bagi kesehatan seperti menurunkan resiko kanker, anemia, osteoporosis, dan kadar kolesterol. Tahu yang merupakan sumber protein yang baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Di dalam tahu sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, rugi bila Anda tak mengetahuinya, diantaranya:

  1. Kanker prostat dan payudara
  2. Penyakit kardiovaskular
  3. Osteoporosis
  4. Diabetes tipe 2
  5. Kerusakan hati

Tahu merupakan makanan khas Kediri. Kediri sendiri memiliki produk tahu yakni tahu poo,tahu taqwa, tahu kuning dan lain sebagainya.

Bagi Anda pecinta tahu, selamat Anda telah menabung cukup banyak manfaat tahu. Sedangkan bagi Anda yang bukan penggemar tahu, cobalah untuk mulai memasukan tahu ke dalam menu makanan Anda. Tentu tidak ada ruginya, bukan? -Ines farida-

(22/1/17)