JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Kuliner Wajib Ala Indramayu

Jurnalikanews- Indramayu merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini dijuluki sebagai “Kota Mangga” karena di daerah ini banyak sekali buah mangga dan salah satu penghasil mangga terbesar di Indonesia. Dari julukannya saja sudah mencirikan makanan, bagaimana kulinernya ya? Yuk kita intip!

  • Dodol Mangga

kuliner

Keterangan foto : mesinraya.co.id

Surganya mangga ya Indramayu, rasa buah mangga indramayu katanya jauh lebih manis daripada daerah lainnya. Sehingga banyak orang di Indramayu yang memproduksi dodol mangga agar dapat tahan berminggu-minggu. Selain itu, cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh khas Indramayu karena harganya sangat terjangkau.

  • Bubur Sura

wajib

Keterangan foto : kuliner.ilmci.com

Bubur beras berbumbu kunyit dengan campuran beberapa sayur, bihun, irisan telur dan potongan kentang ini juga merupakan salah satu kuliner khas Indramayu yang nggak boleh dilewatkan.

  • Pindang Gombyang

ala

Keterangan foto : sarihusada.co.id

Merupakan kuliner yang sangat populer di Indramayu. Makanan ini mirip dengan gulai hanya saja masakan ini menggunakan ikan manyung sebagai bahan utamanya. Cita rasanya sangat lezat dengan perpaduan bumbu rempah-rempah yang khas.

  • Rumbah

indramayu

Keterangan foto : resepmasakanjawakita.com

Selain sehat tentunya juga lezat, ya itulah rumbah. Makanan yang terdiri dari sayuran yang sudah dimasak seperti kangkung, kacang panjang dan tauge yang disiram dengan sambal khusus.

  • Cimplo

kue

Keterangan foto : resepmasakan40.blogspot.com

Kue ini biasanya dihidangkan dengan gula merah campur parutan kelapa yang direbus matang. Rasanya akan manis dan terasa lebih gurih apabila dicelupkan ke dalam campuran gula merah tadi.

Pasti ngiler-kan liat makanan diatas? Yuk mampir ke Indramayu dan jangan lupa cobain makanannya. Dijamin nyesel deh kalo nggak nyoba. (ils)