FAKTA PENYAKIT ANTRAKS DI YOGYAKARTA

Jurnalikanews-Belum lama ini, terdengar merebaknya penyakit antraks di Kulon Progo, Yogyakarta. Antraks adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis yang bersifat zoonosis artinya dapat menulaar dari hewan ke manusia namun tidak dapat menular ke antar manusia. Beberapa waktu lalu sempat beredar fakta bohong mengenai penyakit antraks. Berikut fakta terkait penyakit antraks di daerah Yogyakarta dari Tim respon Cepat Penyakit Antraks FK UGM.

  1. Tidak menular antar manusia

fakta

Sumber: david-pranata.com

Penyakit antraks ditularkan dari hewan pemakan rumput ke manusia namun tidak dapat ditularkan dari manusia ke manusia.

  1. Aman menggunakan fasilitas kesehatan

penyakit

Sumber: berita.suaramerdeka.com

Fasilitas kesehatan yang pernah dipakai oleh pasien penderita penyakit antraks aman digunakan karena penyakit tersebut tidak menular ke antar manusia.

  1. Aman mengunjungi daerah Godean dan RSUD Dr Sardjito

antraks

Sumber: republika.co.id

Sempat tersebar berita hoax yang menyebutkan bahwa apabila bepergian ke daerah godean dan RSUD Dr Sardjito dapat menghirup spora bakteri Bacillus anthracis namun hal tersebut tidak dibenarkan. Sekali lagi ditekankan bahwa penyakit antraks tidak menular antar manusia namun ditularkan dari hewan ke manusia. Penularannya melalui kontak dengan hewan atau produk hewan yang terinfeksi.

  1. Tidak perlu takut mengonsumsi daging

jogja

Sumber: sahabathawa.com

Masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi daging dengan catatan daging yang diolah bebas infeksi, membeli daging dari rumah pemotongan hewan bersertifikat, gunakan masker dan sarung tangan saat mengolah daging, dan memasak daging diatas suhu 100oC selama minimal 10 menit.

  1. Hanya satu orang penderita antraks di RSUD Dr Sardjito

Tersebar berita hoax yang menyebarkan bahwa terdapat 15 pasien penyakit antraks di RSUD Dr Sardjito. Laporan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyebutkan bahwa jumlah pasien yang dirawat di RSUD Dr Sardjito hingga 20 Januari 2017 hanya satu orang.

  1. Antraks dapat disembuhkan

Penyakit antraks dapat disembuhkan total dengan pemberian antibiotik.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut diharapkan masyarakat tidak gusar dan khawatir lagi untuk mengonsumsi daging. (silv)

(22/1/17)

Tinggalkan Balasan