JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Bujukan Alam dari Kota Sejuk

Jurnalikanews-Memang tak ada habisnya jika membicarakan tentang keindahan alam, apalagi tinggal di negeri yang orang bilang ““tanah surga”. Setiap daerah tentu memiliki pesonanya masing-masing baik dari wisata alam maupun kuliner yang tak pernah gagal mencuri perhatian dan seakan memaksa untuk dikunjungi. Tanpa terkecuali Sukabumi, daerah di mana Kabupatennya merupakan yang terluas kedua di Pulau Jawa setelah Banyuwangi.

situ

Bagi sebagian besar orang yang biasa hidup di lingkungan perkotaan yang sepaket dengan segala kebisingan, polusi, kemacetan dan berbagai masalah yang menguras pikiran tentu membutuhkan istirahat ke tempat yang jauh dari semua itu. Salah satu objek wisata di Sukabumi ini mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat. Situ Gunung, tempat yang menawarkan kesejukan dan ketenangan tak lupa dengan pemandangan indahnya yang cocok untuk bersantai bersama keluarga atau pun sahabat. Situ Gunung ini masih dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dari awal sampai di pintu masuk, udara segar setia menyambut kedatangan para pengunjung. Sepanjang perjalanan menuju Situ Gunung dilatari hutan dengan pepohonan besar yang selalu memberikan kesejukan dengan jalanan berbatu yang naik turun, yang kemudian akan mengantarkan pengunjung sampai ke danau indah yang dikelilingi hutan pinus lebat. Air danau yang tenang dengan jelas merefleksikan pantulan pohon pinus di sekitarnya menampakkan eksotismenya.

situ gunung

Masih di kawasan Situ Gunung, pengunjung juga dapat mengunjungi air terjun yang dikenal dengan nama Curug Sawer. Sama dengan perjalanan ke danau, sepanjang jalan bebatuan dengan pohon-pohon besar di sekelilingnya dan ditemani suara kicauan burung serta aliran air dari sungai yang berada di dekat air terjun. Perjalanan menuju Curug Sawer ini memang tidak terlalu dekat dan lebih menguras tenaga dari pada jalan menuju danau, namun terbayar sudah saat sampai di tujuan. Air terjun indah terlihat jelas di depan mata. Kini sudah ada papan larangan untuk tidak mandi atau berenang langsung di bawah air terjun karena kedalamannya yang cukup membahayakan. Namun tak jauh dari letak air terjun pengunjung masih bisa menikmati dinginnya air yang mengalir di sana. Tak perlu khawatir jika merasa kedinginan di lokasi yang diselimuti pepohonan rindang itu karena banyak sang pengais rezeki yang siap sedia menjual berbagai minuman hangat sepeti susu dan kopi. Lingkungan di sekitar sana juga cukup asri terjaga karena ada petugas kebersihan dan disediakan banyak tempat sampah di tempat tertentu.

gunung

Akses untuk bisa sampai ke destinasi wisata indah nan menyejukkan ini tidak sulit ditempuh karena jalan menuju lokasinya merupakan jalan beraspal. Alun-alun Cisaat menjadi patokannya, dari sana menyebrang kemudian jalan sampai menemukan angkutan umum berwarna merah yang akan mengantarkan sampai pintu gerbang. Untuk dua tujuan tersebut (Situ Gunung dan Curug Sawer) tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup Rp. 18.500 maka sudah bisa memanjakan mata dengan keindahannya dan menyejukkan hati serta pikiran dari carut marut aktivitas sehari-hari. (Rz)

(22/1/17)