JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

TIPS LIBURAN ALA MAHASISWA

Jurnalikanews-Bicara tentang libur akhir semester, pastinya kamu ingin mengunjungi daerah yang memiliki pesona alam nan elok, berwisata kuliner yang menggiurkan dan berwisata budaya dari suatu daerah yang belum kamu ketahui. Momen liburan ini pastinya menjadi momen yang ditunggu-tunggu dan sayang untuk dilewatkan. Masalah budget yang tidak mendukung dapat membuat rencana liburanmu berantakan, sehingga kamu harus putar otak supaya budget yang dimiliki cukup untuk menciptakan liburan yang seru dan asyik. Berikut tips untuk kamu yang ingin travelling ala mahasiswa.

liburan

  1. Pastikan Nilai Ujian Sudah keluar dan tidak ada ujian perbaikan

Buat kamu anak perantauan yang jauh dari kampung halaman dan harga tiket pulang yang mahal karena liburan akhir tahun, sangat disayangkan jika waktu liburanmu terpotong karena harus mengikuti ujian perbaikan. Untuk itu kamu harus menunggu semua nilai keluar terlebih dahulu agar liburanmu tidak terganggu dengan masalah nilai.

  1. Tentukan Destinasi Wisata

Menentukan tempat tujuan menjadi hal penting untuk dilakukan sehingga liburan kamu lebih terarah dengan mencatat destinasi yang akan kamu kunjungi. Pilih tempat tujuan yang tepat, sesuai dengan keinginan kamu dan sesuai dengan isi kantong kamu.

  1. Menabung

Buat perencanaan dengan merinci biaya perjalanan, makan, dan penginapan. Setelah tahu target biaya liburan, pilihan untuk menabung merupakan hal yang wajib dilakukan. Mulailah menyisihkan uang bulanan dan mengurangi pengeluaran.

  1. Mencari tiket promo atau memesan jauh hari

Bagi kamu yang ingin berlibur ke luar kota atau mungkin ke luar negeri, memesan tiket jauh-jauh hari merupakan pilihan yang tepat. Carilah tiket yang harganya relatif murah, dan yang pasti sesuai dengan budget yang telah kamu tentukan. Tiket promo sangat membantu meminimalkan budget kamu.

ala

  1. Manfaatkan relasi

Tempat penginapan tentunya juga hal yang sangat penting bila ingin berlibur ke tempat yang relatif jauh. Carilah tempat penginapan murah dan nyaman yang sesuai dengan kantong mahasiswa. Bila perlu manfaatkan relasi seperti keluarga, sahabat atau siapa pun relasi yang ada. Hal ini tentunya akan sangat membantu kamu untuk menekan budget.

  1. Membuat daftar oleh-oleh

Buah tangan menjadi hal yang wajib dibawa saat pulang dari liburan. Buatlah daftar oleh-oleh yang akan kita beli dan daftar orang yang akan kita bawakan oleh-oleh. Hal ini tentunya akan membantu untuk menyesuaikan budget yang kita miliki.

Manfaatkan masa kuliahmu dengan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Bukan hanya pendidikan formal namun juga menambah wawasanmu dengan melihat dunia luar yang begitu indah. Mumpung masih muda juga, traveling adalah hal yang wajib dilakukan. Semoga liburan semester kamu menyenangkan. (SR)

(22/1/17)

Tinggalkan Balasan