JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Destinasi Terpopuler di Kota Pempek

Jurnalikanews- Kota pempek adalah sebutan yang paling populer untuk kota Palembang, ibu kota Sumatera Selatan. Makanan yang dimakan dengan cuko ini memang sudah terkenal hingga pelosok negeri. Bukan hanya pempeknya yang terkenal, Palembang juga identik dengan jembatan Ampera dan sungai musi yang merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera. Bukan itu saja, Palembang juga menyimpan berbagai destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke kota ini. Nah, kali ini Jurnalika akan mengupas berbagai destinasi terpopuler di kota pempek. Yuk disimak guys.

destinasi

Destinasi pertama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Jembatan Ampera yang merupakan ikon kota Palembang. Jembatan ini menghubungkan kedua daratan yang dibatasi oleh sungai musi yaitu bagian Ulu dan Ilir. Kamu bisa menikmati keindahan Jembatan Ampera dari sekitar Benteng Kuto Besak. Dari sini kamu bisa melihat beberapa kapal yang melintasi sungai musi. Menikmati derai arus sungai dengan angin yang menyejukkan. Menunggu hingga matahari terbenam dan akan terlihat kerlap-kerlip lampu yang menghiasi jembatan Ampera. Untuk kamu yang demen makan, ada juga satu tempat makan yang unik di sini. Tempat makan ini berada di atas perahu yang ada tepian sungai musi. Kamu bisa menyantap makanan dengan sensasi yang berbeda di sini.

Tak jauh dari jembatan ampera dengan melintasi Sungai Musi, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Kemaro. Di tempat ini terdapat sebuah vihara Cina dan kuil Buddha yang sering dikunjungi umat Buddha untuk berdoa atau berziarah ke makam. Selain itu, terdapat juga Pagoda berlantai 9 yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Bukan hanya itu, pulau ini juga disebut sebagai pulau jodoh karena di pualu ini terdapat sebuah pohon yang disebut “Pohon Cinta”. Kabarnya jika ada pasangan yang mengukir nama mereka di pohon tersebut maka hubungan mereka akan berlanjut sampai jenjang pernikahan.

pempek

Setelah asik bersenang-senang ke Pulau Kemaro, jangan pulang dulu guys, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Monpera atau Monumen Perjuangan Rakyat. Kamu hanya tinggal kembali lagi ke daerah sekitar Benteng Kuto Besak. Dari tempat ini kamu tinggal berjalan kaki saja untuk menuju ke Monpera. Tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk fotografi bagi para fotografer. Untuk menikmati keindahan kota palembang kamu bisa naik ke atas atap monpera. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000,- kamu sudah bisa melihat lebih dekat sejarah perjuangan rakyat Palembang melawan penjajah.

Ada lagi nih satu destinasi yang lagi hits yaitu Palembang Bird Park. Bertempat di kawasan bisnis OPI (Ogan Permata Indah) Jakabaring, tempat ini merupakan taman burung pertama yang terbesar di Palembang. Ada berbagai jenis burung dari berbagai spesies yang dipelihara di sini. Taman burung ini sengaja di desain mirip sekali seperti habitat aslinya. Banyak pepohonan yang sengaja ditanam untuk tempat burung bertengger. Selain beragam jenis burung terdapat juga jenis hewan lainnya seperti, kura-kura, iguana, kelinci, marmut dan ayam kate. Bagi anda pecinta hewan bersayap ini, jangan lewatkan jalan-jalan ke Palembang Bird Park.

Mau liburan tapi gak tau mau kemana? Yuk ke Palembang aja! (va)

(22/1/17)