JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Pantai Indrayanti, Destinasi Wajib Kota Jogja

Jurnalikanews–-Apa yang terlintas dibenak kalian jika mendengar kata “”Jogja””? Umumnya 99,9% orang-orang akan menjawab Malioboro dan Gudeg. Ya, kedua hal tersebut sudah menjadi ikon klasik yang mewakili daerah istimewa tersebut. Destinasi wisata Jl. Malioboro dan kuliner Gudeg-nya seakan sudah menjadi hal yang wajib kita coba bila kita akan berwisata ke Yogyakarta. Namun, untuk kalian yang sedang atau punya rencana untuk berwisata ke Jogja, jangan sampai terlewatkan nih salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi bila maen ke Jogja. Yaitu Pantai Indrayanti.

pantai

Yap! Belum lengkap juga rasanya bila kita berwisata ke Jogja bila belum mencicipi pantainya. Apalagi sekelas Pantai Indrayanti yang dijuluki Jogja Rasa Bali. Ya, bagaimana tidak. Pasir putih menawan, bebas dari sampah pengunjung (yang ini sangat saya apresiasi kepada pengelola pantai yang begitu peduli terhadap kebersihan), ombak yang indah, bukit yang berada di kedua sisi pantai yang bisa kita naiki dan menambah sedap panorama yang dilihat dari atas bukit, serta air lautnya yang seakan belum pernah tersentuh oleh campur tangan manusia sehingga terumbu karang yang indah pun bisa kita lihat dengan mata telanjang baik dari pinggir pantai maupun dari puncak bukit pantai. Wow! Ya, maafkan bila penulis seakan lebay untuk menuliskan dan menjelaskan berbagai kenikmatan anugerah ciptaan-Nya dari pantai yang memiliki nama asli Pulang Sawal ini. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kalian semua yang akan berkunjung ke Jogja supaya jangan sampai melewatkan keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Indrayanti ini. Karena selain dari tiket masuk yang murah sekitar Rp 10.000,-/perorang, akses jalan menuju ke pantai ini pun sudah dikelola dengan baik, sudah diaspal mulus dengan tentunya pemandangan yang masih hijau dikanan kiri sepanjang jalan.

indrayanti

Oh ya hampir saja lupa. Dimana sih letak pantai ini? Pantai Indrayanti ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul 47 Km, Selatan dari Kota Jogja. Untuk mencapai ke pantai ini sebaiknya digunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dikarenakan belum adanya transportasi umum yang memiliki rute kesini. Rute perjalanan kepantai ini tidak langsung mengarah ke Pantai Indrayanti, melainkan mengikuti rute ke Pantai Baron dikarenakan rutenya yang searah.

Adapun fasilitas yang terdapat di pantai ini sudah terkelola dengan baik, seperti sudah tersedianya lahan parkir, warung-warung makanan dan berbagai macam suvenir khas Jogja, kafe, tempat penginapan serta kamar mandi yang kesemuanya sangat nyaman untuk digunakan oleh pengunjung. Bila sudah sampai ke pantai ini, jangan lupa untuk menyempatkan diri menaiki bukit kecil yang terletak dikanan dan kiri pantai. Karena dari tempat ini merupakan spot terbaik bagi kalian penggila selfie dan tak lupa memamerkannya di berbagai media sosial. Dari sini juga angin semakin terasa bertiup menerpa tubuh kita dikala panasnya siang matahari dan awan-awan indah yang melengkapi panorama Pantai Indrayanti ini.

Makin lengkap gak tuh pantai? Hehehe… Makanya segera masukin ke list ni pantai. (ifd)