JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Mahir Menyetir dalam Seminggu

Jurnalikanews- Belajar menyetir merupakan hal yang mudah jika dilakukan dengan niat yang kuat. Tidak ada yang tidak bisa kita lakukan jika kita telah memiliki niat di hati. Untuk bisa mengendarai sebuah mobil, Anda perlu keberanian dan inisiatif yang besar. Anda pasti paham jika seseorang memiliki keinginan untuk menguasai sesuatu pasti segala cara dilakukannya. Penulis memiliki beberapa tips untuk Anda yang mungkin sedang atau akan belajar mengemudi :

mahir

  1. Langkah awal

Pada langkah ini hal yang perlu dipersiapkan adalah niat, mobil dan pengajar. Penulis menyarankan agar Anda datang saja ke tempat kursus belajar mobil karena dengan biaya yang relatif rendah anda bisa dengan mudah mendapatkan kemampuan menyetir beserta SIM A.

  1. Hari pertama

Awali hari pertama dengan membaca Basmallah. Pada hari pertama ini, Anda harus sudah mengetahui dasar-dasar penggunaan mobil dan rambu-rambu lalu lintas. Tujuan dari latihan pada hari pertama ini ialah agar anda mengetahui dasar-dasar dalam berlalu lintas dan cara memasukkan gigi mobil.

  1. Hari kedua

Pada hari kedua ini, Anda mulai mempratikkan menyetir mobil pada area sekitar rumah Anda atau pada lapangan yang luas. Target pada hari kedua ini ialah agar anda terbiasa dalam mengganti gigi dan mobil anda tidak mudah mati dikarenakan kesalahan dalam menggunakan kopling. Melatih mata untuk melihat kaca spion juga tujuan dari hari kedua ini.

  1. Hari ketiga

Pada hari ketiga sama seperti hari kedua tetapi bedanya jika hari kedua masih dalam track yang lurus sementara hari ketiga sudah memasuki track yang berbelok-belok. Belok kanan biasanya akan lebih sulit daripada belok kiri, karena belok kanan Anda akan memakai jalan dari pengemudi yang lain.

  1. Hari keempat

Saatnya berganti track menanjak, seni yang dilakukan pengemudi pada track ini ialah menggunakan rem tangan dan rem kaki. Tujuannya yaitu agar Anda mahir dalam tanjakan dan memainkan kopling dengan gas secara sempurna.

  1. Hari kelima

Hari kelima ini pantas disebut dengan hari memarkir. Pada hari sebelumnya Anda telah menguasai teknik mengendarai mobil dalam jalanan yang mendaki, kini anda dituntut agar mahir pula dalam memarkir mobil dalam kondisi berbagai parkiran umum.

menyetir

  1. Hari keenam

Saatnya turun ke jalan besar di kota, lakukanlah dengan segenap kemampuan yang telah Anda dapatkan pada hari-hari sebelumnya. Jangan lupa pula untuk mempelajari cara membuka tempat pengisian bensin (biasanya pemula kurang tau akan hal ini).

  1. Hari ketujuh

Yap, pada hari terakhir ini Anda dituntut untuk bisa mengemudi dengan cepat atau dengan kata lain ngebut, kemampuan ini sebenarnya tidak perlu dipelajari, tetapi perlu diketahui agar tidak terjadi kecelakaan nantinya.

Selamat kini anda sudah bisa menyetir mobil dalam tujuh hari, sekian artikel mengenai tips mengendarai mobil. Semoga bermanfaat. (AM)

(16/1/17)