JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Wisata Sejarah Di Kota Udang

Jurnalikanews-Liburan? Pasti sangat di tunggu-tunggu oleh kita semua. Waktu dimana kita bisa bersantai, bersenang-senang tanpa harus memikirkan sekolah ataupun pekerjaan. Liburan itu sejenak untuk melepas kejenuhan yang melanda diri seseorang. Ketika liburan tiba, beberapa di antara kita pasti ada yang sibuk mencari tempat apa yang akan kita kunjungi untuk melepas kejenuhan atau kelelahan kita saat bekerja, belajar di sekolah maupun di kampus. Pastinya kita memilih tempat-tempat wisata untuk mengisi waktu liburan. Salah satunya kita dapat berwisata ke Kota Udang. Ya, Kota Udang! Tempat Wisata di Kota Udang dapat menjadi salah satu tujuan untuk kita berlibur, bukan hanya berlibur kita juga dapat berwisata sejarah di kota ini. Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan sebutan Kota Udang, bukan?

wisata

cirebonberintan.com

Kota Udang adalah julukan dari Kota Cirebon, di Kota tersebut banyak tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam sekitar, bukan hanya itu saja di Kota Udang ini kita dapat berwisata ke tempat-tempat bersejarah. Salah satunya kita dapat berkunjung ke Keraton Kasepuhan, Keraton Kasepuhan terletak di Jalan Kasepuhan No 43,Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Dilansir dari seputar-cirebon.com, tribunnews.com, dan beberapa sumber lainnya.

sejarah

Keraton Kasepuhan didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa perkembangan Islam sekitar tahun 1529. Keraton Kasepuhan merupakan pusat pemerintahan dari kesultanan Cirebon pada masa silam. Di Keraton ini banyak peninggalan sejarah yang tersimpan dengan rapi, namun bisa dilihat oleh para wisatawan yang hendak berkunjung. Kita juga dapat menjumpai bangunan-bangunan dengan gaya arsitekturnya yang unik, benda-benda kuno, naskah kuno, dan kereta Singa Barong. Interior Keraton Kasepuhan sangat kental dengan suasana Islam dan Hindu, contohnya ada 5 buah tiang penyangga di Pandawa Lima itu diartikan sebagai jumlah rukun Islam. Letak Keraton Kasepuhan ini sangat strategis dan gampang untuk kita temui, selain itu kebersihan serta kenyamanan dan keamanan Keraton ini sangat dijaga oleh pengurusnya sehingga tetap terawat dengan sangat baik meskipun sudah berusia tidak muda lagi.

Untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Wisata Sejarah Keraton Kasepuhan. Selain merasakan pemandangan alam sekitar yang menarik, tapi terdapat juga sejarah yang kita ketahui dan temui di Keraton ini. Harga yang cukup pas dengan kantong kita, dan yang pastinya bisa menghilangkan kejenuhan dan kelelahan pada diri kita. (Lz)

(13/1/17)

Tinggalkan Balasan