JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Kebun Teh Sidamanik yang Apik

Jurnalikanews- Sumatera Utara termasuk provinsi yang memiliki destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kalau di Puncak Bogor kita dapat melihat hamparan kebun teh yang sangat luas di sepanjang jalan, tak kalah juga dengan kebun teh yang ada di Sumatera Utara, tepatnya berada di kecamatan Sidamanik yang berjarak tidak terlalu jauh dari pusat kota Pematang Siantar. Kebun teh ini dikenal dengan sebutan Kebun Teh Sidamanik.

kebun

Kebun Teh Sidamanik adalah sebuah tempat dengan hamparan daun teh hijau yang membentang luas sehingga dapat menyejukkan mata dan hati ketika melihatnya. Perkebunan teh ini sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan kebun teh milik PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV yang bernama Kebun Teh Bah Butong tetapi karena letaknya di Kecamatan Sidamanik maka para wisatawan menyebutnya dengan sebutan Kebun Teh Sidamanik.

Perkebunan Teh Sidamanik ini merupakan perkebunan teh tertua di pulau Sumatera yang sudah diakui hingga mancanegara. Teh yang dihasilkan dari Kebun Teh Sidamanik ini pun dikenal sebagai salah satu teh yang berkualitas yang ada di Indonesia. Hal yang patut diacungi jempol lagi yaitu Kebun Teh Sidamanik ini juga menjadi penghasil teh hitam terbesar kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

teh

Banyak dari wisatawan yang berkunjung kesini hanya sekedar untuk mengabadikan moment indah liburannya dengan berselfie ria ataupun sekedar berkumpul dengan keluarga, teman, maupun pacar dengan melihat hijau teh nan luas ini.

Eitss, tunggu dulu. Banyak potensi wisata alam di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi ketika kamu berkunjung kesini. Ya salah satunya keindahan Kebun Teh Sidamanik yang sangat apik ini tentunya. (IL)

(13/1/17)