JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Opini

SAAT SEMUA TERTUNDUK

JurnalikanewsGadget adalah salah satu instrument yang praktis serta memiliki fungsi yang multitalent bahkan melebihi komputer. Dengan adanya perkembangan gadget yang semakin pesat memang perlu diwaspadai, terutama munculnya istilah gadget mania atau sering disebut pecandu gadget. Seperti yang kita ketahui saat ini sudah semakin merajalela akan keberadaan gadget mania terutama diusia produktif.

foto-ayu-puspa

sumber: http://bloggersmart.net/dampak-kemajuan-teknologi-informasi-terhadap-komunikasi/

Dengan adanya gadget, sangat berpengaruh terhadap perilaku sosial manusia, yaitu manusia menjadi semakin jarang melakukan interaksi sosial langsung antar pribadi. Manusia menjadi cenderung menutup diri dan memiliki ego yang tinggi. Sehingga manusia ketika berinteraksi sosial akan cenderung emosional. Pecandu gadget saat ini keberadaannya juga sangat memprihatinkan karena sebagian besar waktu yang mereka miliki terbuang sia-sia bahkan dampaknya tidak hanya dirasakan oleh dirinya sendiri namun orang lain yang berada disekitarnya juga merasakan dampak negatif akan hal tersebut. Misalnya, seperti yang kita ketahui ada beberapa kejadian kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di Indonesia dikarenakan penggunaan gadget yang kurang mematuhi aturan dalam berkendara, serta adapula orang yang melakukan aktivitas berfoto ria ketika ada sebuah kecelakaan, mungkin benar kejadian seperti itu merupakan moment yang langka namun sangat tragis apabila hal tersebut menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Ada pula kegiatan masyarakat Indonesia yang lebih memprihatinkan lagi dimana aktivitas penggunaan gadget digunakan untuk hal-hal yang tidak produktif seperti menggunakan sosial media untuk mengumbar foto yang tidak terpuji, banyak sekali pornografi yang saat ini tersebar di media sosial, hal tersebut sangat tidak mendidik.

gadget

sumber : http://myboxtips.blogspot.co.id/2015/05/dampak-positif-dan-negatif-gadget.html

Bayangkan saja apabila ada anak-anak yang mengaksesnya bagaimana pertumbuhan moral yang akan terjadi nanti, bagaimana negara Indonesia bisa menjadi negara yang maju apabila generasi emasnya dari kecil sudah terdidik akan hal-hal semacam itu, Anak-anak dengan usia sekolah dasar pun sudah dibekali dengan pengenalan akan teknologi. Akun-akun jejaring sosial, rata-rata banyak dimiliki dan dikuasai oleh anak-anak sekolah.  Oleh karena itu, kita harus berpikir kritis sebelum menerima sebuah teknologi tertentu.

Mulai dari saat ini dan dari diri sendiri mari kita lebih peka dengan adanya globalisasi yang saat ini sedang berkembang, jangan sampai diri kita hanya menjadi penonton, akan hal yang saat ini terlihat memprihatinkan terlebih jangan hanya menunduk terhadap hal yang mungkin dapat membunuh moral bangsa kita tercinta ini , bangkitlah dan teruslah berusaha menjadikan Negara ini menjadi Negara yang maju lagi cerdas dengan adanya kemajuan teknologi yang ada.

Ayu Puspa dewi mahasiswi jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang.

02/01/17