JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini

Peduli Laboratorium, Mahasiswa AKA Raih Juara

Jurnalikanews– Olimpiade Sistem Manajemen Laboratorium (OSML) merupakan olimpiade pada bidang sistem manajemen laboratorium pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh pihak Lab Mania. Olimpiade dengan skala nasional ini memiliki misi meningkatkan awareness tentang standar sistem menajemen laboratorium dikalangan siswa SMK dan Mahasiswa pada disiplin ilmu yang relevan. Walau dinilai kurangnya partisipan pada kategori SMK, ajang ini berhasil menggaet 30 tim yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bogor, Madura, Yogyakarta dan masih banyak lagi. Pada olimpiade ini standar yang dilombakan yaitu SNI ISO/IEC 17025:2008.

q

Mahasiswa Program Studi D3 Analis Kimia Politeknik AKA Bogor resmi meraih juara olimpiade sistem manajemen laboratorium pada 04 Desember 2016 yang diwakili oleh Ismaya Ratih Khusuma dan Tri Nur Rahma. Pada tahap pertama, dilakukan seleksi makalah yang mana setiap tim diharuskan membuat makalah tentang penerapan SNI ISO/IEC 17025:2008 di laboratorium masing-masing lalu kemudian dipilih lima tim untuk masuk babak final. Saat babak final setiap tim diuji pengetahuannya terkait sistem manajemen laboratorium terutama SNI ISO/IEC 17025:2008. Disuguhkan pula soal uraian serta kajian untuk memperoleh solusi atas permasalahan pada laboratorium tersebut. Hasil babak final kategori SMK adalah: juara 1 SMK SMTI Yogyakarta, juara 2 SMK SMAK Bogor, juara 3 SMK AK YKPI Bogor, dan untuk kategori D3/D4/S1 adalah: juara 1 Politeknik AKA Bogor, juara 2 D3 Analis Kimia Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, juara 3 Poltekes Yogyakarta.

w

S.V Tokan selaku Direktur Qualist Performa Manajemen dan penyelenggara OSML mengungkapkan bahwa “Dari informasi yang saya dapatkan Korea Selatan merupakan penyelenggara pertama kali dan satu-satunya olimpiade standar internasional dan diikuti oleh BSN yang menyelenggarakan olimpiade standar tingkat nasional untuk kategori SMA sederajat, tetapi olimpiade yang diselenggarakan Korea Selatan dan BSN ini merupakan kontes bidang standarisasi secara umum”. Final OSML dilaksanakan di kampus AKA Caraka Nusantara, Depok dengan total hadiah Rp. 16 juta.

Pihak penyelenggara menilai ajang yang pertama kali di selenggarakan ini sudah berlangsung cukup baik dan sesuai dengan tujuan, namun hanya partisipasi peserta khusunya dari luar pulau jawa yang masih minim.

“ Harapan kedepannya dari pihak Lab Mania lebih gencar untuk mempublikasi tentang sistem manajemen laboratorium 17025:2008, kemudian pihak KAN dan BSN bisa terjun langsung untuk acara ini. Dan untuk semua laboratorium harapannya bisa menerapkan ISO 17025:2008 terutama analis kimia yang akan terjun langsung ke laboratoriumharus bisa memahami 1SO 17025:2008” ungkap Ismaya selaku pemenang OSML. Teruslah mencari ilmu dan mengamalkannya untuk laboratorium Indonesia yang lebih baik. (DA/NL)

15/12/2016