JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

PANORAMA PUTIH, SI KAWAH PUTIH

Jurnalikanews-Mentari yang menyinari panorama putih yang mempesona di ufuk timur. Dengan kilauan tanah putih, pesona kawah putih yang tak terelakan dan sorot mentari pagi dibalik tebing gunung yang takkan terlupakan. Itu merupakan ungkapan yang cocok bagi penulis untuk mengungkapkan keindahan Kawah Putih.

kawah

Sumber : https://www.google.com

Kawah putih merupakan salah satu objek wisata Ciwidey yang berada di Kabupaten Bandung Jawa Barat yang memiliki keindahan alam yang unik. Kawah putih terbentuk karena letusan Gunung Patuha. Kawah Putih memiliki luas 5 ha yang dikelilingi hutan lindung seluas 25 ha. Kawasan ini memiliki suhu rata-rata 100C di siang hari, sedangkan malam hari sekitar 50C. Warna Tanah yang berwarna putih dan warna air yang putih kehijau-hijauan menjadi salah satu daya tarik wisata di Kawah Putih ini. Tidak hanya itu, yang unik dari kawah ini adalah airnya terkadang dapat berubah warna. Kawah Putih sendiri berada di tengah dasar gunung patuha, sehingga dapat terlihat tebing-tebing gunung yang menambah keindahan lanskap kawah putih.

Di tempat ini, kita akan disuguhi suhu yang dingin dan bau belerang yang menyengat. Terlihat di sekeliling kawah putih, tebing-tebing gunung patuha yang membuat mata terpana dengan keindahannya. Terlihat pula warna air kawah yang putih kehijau-hijauan dan tumbuhan / pohon yang hanya tersisa batangnya saja yang tegak membuat tempat ini terlihat unik dan menakjubkan.

putih

Sumber : dokumen pribadi

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan disini, seperti berfoto, berjalan kaki untuk berkeliling kawah dll. Ada pula yang memanfaatkan keindahan lanskap kawah putih ini untuk melakukan foto Prewedding bagi pasangan yang akan menikah.

Kawah Putih sendiri terletak 25 km di sebelah selatan kota bandung. Waktu perjalanan dari kota bandung ke kawah putih sekitar 2-3 jam perjalanan. Untuk yang ingin berangkat dengan kendaraan umum, ongkos yang dikeluarkan hanya Rp. 20.000,00 saja dari terminal leuwi panjang sampai Stasiun Ciwidey. Tiket masuk kawah putih untuk masyarakat lokal yaitu Rp. 18.000 sedangkan untuk WNA yaitu Rp.50.000.

Mentari akan menyinari kembali panorama putih yang mempesona di ufuk timur . Dengan kilauan tanah putih, pesona kawah putih yg tak terelakan dan sorot mentari pagi dibalik tebing gunung yang takkan terlupakan (Sucia Lestari Dewi)