JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Kuliner KHAS Kota IKHLAS

Jurnalikanews-Ketika berlibur ke suatu tempat yang dicari selain wisata alamnya juga kuliner khas tempat tersebut, kadangkala menjadi perantau rindu yang dimiliki bukan hanya tertuju pada suasana kampung halaman yang khas namun juga kulinernya. Nah apa kabar penikmat liburan? Sudahkah pulang ke rumah masing-masing untuk sekedar melepas rindu juga menikmati kuliner khas kampung halaman? Jurnalika akan berbagi sedikit referensi kuliner khas suatu daerah yang berada di Jawa Tengah yaitu Pemalang. Pemalang merupakan kota kecil yang memiliki julukan kota IKHLAS. Banyak telinga yang mungkin asing dengan nama kota kecil ini justru tahunya kota Malang, beda loh yaaa Pemalang bukan Malang kalau Malang mah di Jawa Timur hehe. Kota Pemalang ini bertetangga dengan Tegal dan Pekalongan, yang memiliki kuliner khas nan menggoda lidah. Yuk berkunjung ke kota ini dan cicipi kelezatan kulinernya. Ada apa saja kulinernya? Yuk kita intip..

  1. Nasi Grombyang

q

Keterangan foto: google.com

Makanan ini konon sudah ada sejak 1900an. Nasi grombyang adalah sebutan untuk hidangan yang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau yang kaya akan kuah dan memiliki rasa yang super lezat. Biasanya disajikan menggunakan mangkuk kecil dan diberi pelengkap sate kerbau. Yummy! tempat strategis menemukan penjual kuliner khas ini di dekat alun-alun kota yang buka dari sore hingga malam.

  1. Sate Loso

w

Keterangan foto: www.tokomesin.com

Jangan ngaku pecinta sate kalau belum pernah mencicipi sate loso khas Pemalang ini. Rasanya yang uenakk setimpal dengan harganya hehe. Sate ini terbuat dari daging kerbau yang miskin kolesterol dan disuguhkan dengan taburan sambel kacang. Sate ini memiliki cita rasa khas manis, gurih, pedas, dan asam. Sate ini unik karena sebelum dibakar dibacem terlebih dahulu. Anda dapat menemukannya di jalan Uripsumoharjo.

  1. Lontong Dekem

r

Keterangan foto: ksmtour.com

Bukan lontong biasa karena lontong dekem disuguhkan bersama kuah santan berwarna kuning seperti gulai, ditaburi serundeng kelapa dan bawang goreng dilengkapi sate dan kerupuk mie khas pantura. Makanan ini cocok dinikmati ketika sore hingga malam hari karena rempah-rempahnya yang dapat menghangatkan tubuh penikmatnya. Anda dapat menemukan makanan ini di dekat alun-alun kota.

  1. Kue Kamir

t

Keterangan foto: resepnet.com

Kue ini bentuknya hampir serupa dengan dorayaki (kue kesukaan Doraemon). Pembuat kue ini dari suku Arab yang menetap di Kelurahan Mulyoharjo Pemalang. Kue yang bentuknya bulat pipih dan berwarna coklat ini dapat terbuat dari adonan terigu atau beras. Anda dapat menemukan makanan ini di sepanjang jalan A. Yani.

  1. Apem Comal

y

Keterangan foto: kabarpemalang.com

Makanan ini memiliki rasa manis karena terbuat dari tepung beras dan gula jawa. Cara pembuatannya masih tradisional dan dikemas unik yaitu menempel pada daun pisang. Anda dapat menikmati makanan yang memiliki harga terjangkau ini dengan uang 1000 atau 2000 rupiah yang dapat dijumpai di Pasar Comal atau toko-toko kue di Pemalang.

  1. Ogel-ogelu

Keterangan foto: kabarpemalang.com

Namanya yang unik seperti bentuknya pula yang unik. Ogel-ogel ini merupakan makanan ringan yang telah menjadi oleh-oleh pilihan khas Pemalang terbuat dari tepung beras dan dapat bertahan lama hingga 3 bulan walaupun dibuat tanpa pengawet. Anda dapat menemukannya di UD Cipta Jaya di Blok H1 Perumahan Kaligelang.

Mayoritas makanan diatas tidak dapat bertahan lama maka perjuangan akan setimpal dengan hasilnya. Yuk melangkah ke Pemalang dan cicipi kelezatan kuliner khas nusantara, selamat ber-kuliner-ria, guys!(DI)

(2/1/17)