JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Waktu Liburan Terbatas? Ke Pangandaran Aja!

Jurnalikanews-Liburan akan lebih terkesan jika bisa dilewati bersama keluarga, teman, atau orang yang kita sayang. Tapi, apa jadinya jika waktu liburan yang kita punya tidak bersahabat? Pada tulisan kali ini Jurnalika akan memberikan tips untuk kamu yang memiliki problema waktu liburan singkat. Alam Pangandaran bisa membuat masalah kamu selesai, hanya dengan waktu satu hari, kamu bisa mengeksplor beberapa keindahan di Pangandaran.

1

Destinasi pertama adalah Pantai Pangandaran Barat, kamu harus berangkat dari tempat asalmu di malam hari, atau diperkirakan waktu tiba di Pangandaran pagi sekitar pukul 5 atau 6 pagi supaya bisa menikmati pemandangan sunrise, untuk rute cukup menggunakan aplikasi Global Positioning System di smartphonemu ya. Di Pantai Pangandaran Barat akan disajikan ombak yang besar dan sangat seru jika berenang disana dan bisa sarapan di warung yang berjejeran dipinggir pantai.

Sekitar pukul 9 kamu bisa bergegas menuju Pantai Pangandaran Timur yang lokasinya tidak jauh dari destinasi pertama, hanya membutuhkan waktu 15 menit menggunakan kendaraan roda dua. Pantai ini lebih tenang airnya daripada Pantai Barat, disinilah kamu bisa mendapatkan fasilitas seperti banana boat, snorkling, jalan-jalan dengan perahu, dan lain-lain yang bisa dijadikan waktu quality time terbaik, disarankan menggunakan jasa guide untuk lebih nyaman. Cukup menghabiskan waktu 3 jam, kamu akan merasa puas dengan pantai ini.2

Selanjutnya bisa langsung menuju ke Pasir Putih dengan menggunakan perahu dan di siang hari yang panas terik kamu bisa memanfaatkan untuk mengunjungi wisata disekitar pasir putih seperti Goa Parat, Goa Miring, atau Goa Cirenganis, selain berwisata, dengan mengunjungi tempat-tempat seperti itu bisa menambah wawasan sejarah dan pengetahuan kamu tentang tempat tersebut yang dijelaskan oleh pemandu wisata.

Jangan lupa isi perut agar bisa melanjutkan trip ini ke Pantai Batu Hiu, yang digembor-gemborkan sebagai Tanah Lotnya Jawa Barat karena pemandangannya yang eksotis. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan pantai ini adalah dengan naik ke atas bukit kecil yang ada dipinggir pantai. Di pantai ini jangan bermain air lagi, kamu hanya perlu menikmati perjalanan seharian di Pangandaran dan menunggu sunset tiba.

Nah, begitulah tips untuk mengeksplore Pangandaran selama satu hari, jika memang berencana untuk bermalam, kamu bisa mendirikan tenda di pinggiran pantai atau menyewa di tempat penginapan yang memang sudah disediakan untuk para wisatawan. (Naz)

(2/1/17)