JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Opini

AKSI BELA TIMNAS INDONESIA: Sepak Bola Jadi Parameter Nasionalisme

Jurnalikanews– Kepopuleran sepak bola kini sangat sulit ditandingi. Isu maupun berita yang saat ini berkembang seperti bencana alam sekalipun akan kalah pamornya. Saat ini Timnas Indonesia menjadi primadona dimana-mana. Tidak peduli dengan sepakbola yang dikelola dengan sangat kacau sehingga PSSI dibekukan dari kegiatan Internasional. Kita patut bersyukur karena Timnas sekarang telah dihidupkan kembali dibawah asuhan Alfred Riedl. Harapan besar rakyat Indonesia ada dipundak para pemain Timnas Indonesia. Berharap suatu saat Timnas dapat mengikuti ajang pertandingan yang satu level diatas dari ajang yang pernah diikuti.

Rasa sukacita dan teriakan para penonton terdengar merdu di televisi. Mereka rela antri berjam-jam bahkan hingga larut malam demi dapat memberi dukungan Timnas secara langsung. Banyak dari supporter yang jauh-jauh datang untuk melihat bagaimana para pejuang lapangan hijau yang mati-matian mempersembahkan kemenangan untuk negeri. Melihat dari begitu antusiasme masyarakat Indonesia mendukung timnas, rasanya memang tidak salah jika sepak bola dapat dikatakan sebagai pemersatu bangsa.

Supporter dari sisi lapangan berteriak dan saling bersahut-sahutan dengan satu makna, yaitu “ayo dukung Indoneisa”. Lebih dari 30 ribu supporter di stadion ditambah 15 juta supporter dilayar kaca yang melebur menjadi satu untuk mendukung Timnas agar menjadi juara. Hal ini memperlihatkan betapa besarnya kecintaan masyarakat terhadap bangsanya sendiri. Sepak bola menjadi de javu perjuangan masyarakat Indonesia ketika memperjuangkan kemerdekaan. Masyarakat sebagai supporter tokoh-tokoh pahlawan yang mati-matian memperebutkan kemerdekaan Indonesia dari bangsa lain.

Suporter Timnas Indonesia membentangkan bendera merah putih raksasa

foto-aksi-bela-timnas

(JawaPos.com/Irawan)

Sepak bola memang tidak bisa dikatakan sepenuhnya sebagai parameter cinta tanah air. Namun dalam sepak bola dapat meleburkan seluruh masyarakat Indonesia menjadi satu tanpa peduli asal-asul, agama, dan ras masing-masing. Semua satu mendukung Timnas Indonesia. Oleh sebab itu, mari bersatulah seluruh masyarakat Indonesia. Kita satukan suara dan doa untuk Timnas Indonesia. Tinggalkan sejenak rutinitas yang semakin melilit, mari dukung Timnas Indonesia agar juara di segala ajang sepak bola. (Thea Aldena Gisa Elnuari/Universitas Diponegoro)