JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Tips Agar Semangat di Pagi Hari

Jurnalikanews-Terkadang, kita merasa bangun pagi merupakan hal yang cukup sulit dilakukan, apalagi bila tidak diiringi tidur yang cukup akibat begadang semalaman. Nah, agar kita dapat mengawali pagi hari dengan semangat, berikut hal-hal yang wajib dilakuin biar pagi hari terasa menyenangkan.

  1. HELA NAPAS

Hembuskan napas perlahan sebelum bangkit dari tempat tidur. Lakukan sambil berbaring dan tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan selama sekitar 2 menit untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  1. DUDUK TEGAK

Duduk tegak di tempat tidur maupun di meja makan sebelum sarapan bisa membuat otot merasa rileks, sehingga kita tidak akan merasa cepat capek, dan jadi lebih bersemangat.

  1. MANDI AIR DINGIN

Menurut Jim Karas, penulis buku The 7-Day Energy Surge, mandi dengan air dingin dapat memberikan respon lebih cepat ke tubuh manusia. Tidak harus mandi setiap hari dengan air dingin, tapi dapat dilakukan sebagai sentuhan akhir saat mandi dengan menyiram tubuh dari ujung kepala menggunakan air dingin. Dijamin, mata langsung melek dan siap menjalani aktivitas seharian.

  1. OLAHRAGA RINGAN

Peneliti di Leeds Metropolitan University, Inggris, menyebutkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari hingga menjelang makan siang akan lebih produktif di hari itu. Sehingga, olahraga ringan selama 30 menit di pagi hari bisa kita lakukan agar terus bersemangat.

  1. LIHAT SINAR MATAHARI

Sinar matahari bisa membuat kita bersemangat di pagi hari, menurut Joyce Walsleben, PhD, profesor di New York University Sleep Disorders Center. “Biasakan untuk berada di luar ruangan selama 15 sampai 20 menit setelah bangun pagi. Hal itu akam memberikan tambahan energi untuk dirimu dan energi itu akan bertahan sepanjang hari,” jelas beliau.

Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan agar kita bisa lebih semagat di pagi hari, sehingga aktivitas seharian dapat dilewati dengan baik dan tingkat produktivitas kerja semakin meningkat. Semoga bermanfaat ya!

(sumber: majalah kawanku edisi 219)  oleh : Vinny Shoffa Salma