JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita

Sampah, Kepedulian Pemerintah Kemana?

Jurnalikanews- Lingkungan merupakan tanggung  jawab setiap orang untuk menjaga kebersihannya terutama dari sampah. Jika berbicara tentang sampah, yang terlintas adalah kotor, bau, dan sebagainya. Sampah identik perusak lingkungan yang asri. Sampah yang berserakan, tidak dibuang ke tempatnya adalah penyebabnya. Lalu bagaimana sebuah lingkungan desa di pinggir sungai yang membuang sampah di sungai dan menumpuknya di sekitar pinggir jalan?

Menurut fakta, warga membuang sampah ke dalam sungai dan menumpuk berbagai macam sampah di pinggir jalan seberang rumah mereka, jika merasa begitu penuh tumpukkannya maka mereka lempar sampah tersebut ke dalam sungai.

Warga-warga di sana terpaksa melakukan hal tersebut karena tidak tersedia tempat sampah dan truk pengangkut sampah yang disediakan  khusus dari pemerintah setempat. Peristiwa tersebut memang ada yang terletak di pedalaman kota yang tidak cukup mendapat perhatian pemerintah. Sangat disayangkan memang, padahal mereka juga hidup di salah satu wilayah negara Indonesia dan mereka juga mempunyai hak keadilan di negeri ini. Lalu kepedulian pemerintah kemana?

Mereka sadar hal tersebut merupakan perbuatan yang salah yang dapat mengakibatkan pencemaran di darat dan di sungai, namun tidak ada yang dapat dilakukan selain itu menurut mereka. Jika membakar sampah memerlukan banyak waktu, dapat mengakibatkan kebakaran di daerah mereka jika lengah dan parahnya dapat menimbulkan polusi udara yang merupakan selalu mereka hirup setiap saat maka bisa saja dapat mengakibatkan kesehatan di daerah mereka terganggu.

Akibat perbuatan tersebut ujung-ujungnya warga yang disalahkan, padahal bukan hanya mereka yang salah. Mereka bisa berbuat apa dengan keadaan ekonomi dan latar belakang yang rendah. Padahal hal tersebut mereka lakukan karena tidak adanya kepedulian oleh pemerintah kepada mereka terutama dalam hal lingkungan dan sampah. Demi kebaikan bersama sebaiknya pemerintah setempat dengan cepat mengurus permasalahan tersebut dan warga-warga setempat dapat bekerja sama dengan baik guna menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih. oleh : Marhamah (Peserta Yuk Menulis)