JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

10 Langkah Berantem yang Baik

Jurnalikanews- Kalian pasti pernah berantem dengan teman kalian, bukan? Itu hal wajar, adakalanya kita saling emosi dan mementingkan diri sendiri. Berikut adalah langkah-langkah untuk mu yang lagi berantem:

  1. Yakinlah bahwa dengan adanya pertengkaran ini kamu akan menjadi lebih bersahabat.
  2. Cari kelemahannya(bukan fisik). Salah satu sebab perselisihan adalah sikap saling menyombongkan diri. Hinalah dia saat perselisihan verbal dengan kelemahannya. Hal ini akan membuat musuh merasa down.
  3. Bersikap ramahlah saat bertemu musuh di hadapan banyak orang. Hal ini akan menunjukan siapa yang benar dalam bersikap dihadapan teman-teman lainnya.
  4. Bersikap angkuhlah saat bertemu musuh secara personal. Hal ini mencegahmu untuk dibully oleh musuh.
  5. Carilah kesukaan musuh dan coba pelajarinya secara umum. Tidak ada salahnya bukan mempelajari suatu wawasan? Like atau love hal yang musuh kamu suka di media sosial, jika kondisi mulai membaik Tag musuh mu.
  6. Mulailah membicarakan hal tersebut di chat personal.
  7. Setelah menghangat. Cobalah sapa musuhmu tanpa memberikan sikap antusias.
  8. Setelah kamu cukup mengenalnya. Biarkan dia mengetahuimu secara alami. Pada dasarnya manusia akan saling menyayangi.
  9. Jika ia memberi feedback yang baik. Terbukalah dan jangan enggan untuk menampakan kekurangan mu. Hal ini akan mengurangi ketengganan antara kamu dan musuh
  10. Jika ia mulai menyapamu. Berikan ia feedback yang baik seperti mengajaknya mengobrol sebentar. berikan kesan yang baik di akhir obrolan. Jangan lupakan senyum. Hal ini akan selalu musuhmu ingat dan merasa semakin hangat.

Itulah cara dan tips untuk menghadapi pertangkaran. Sebagian musuh yang kalian hadapi mungkin tidak membaik dengan cara-cara di atas tapi ketahuilah musuh mu tetap berpotensi menjadi sahabat. Jangan sensitif apalagi dendam ya kawan-kawan!

-Anindya Dyah Zhafarina-

%d blogger menyukai ini: