JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Opini Recent Update

Pendidikan pada Era Teknologi 

Jurnalikanews-Pesatnya perkembangan teknologi, membuat kita semakin melek akan itu dan akan lebih sering menjumpai orang-orang dengan berbagai jenis gadget pada genggaman mereka.. Dulunya yang serba sulit, sekarang seiring perkembangan teknologi mampu kita saksikan hanya dalam satu sentuhan. Jika dilihat secara realistis, sebenarnya ada banyak manfaat dari perkembangan ini. Di berbagai bidang tentunya. Dan terlebih dibidang pendidikan. Dalam hal ini, antara pendidikan dan teknologi memiliki kaitan yang sangat erat.

Adapun manfaat dari perkembangan teknologi itu dapat kita rasakan di berbagai aspek dalam bidang pendidikan. Seringkali kita menyaksikan di masyarakat, mereka mampu  mengetahui informasi-informasi keilmuan hanya dengan menggunakan satu genggaman saja, meskipun tak jarang informasi yang didapatkan tanpa ada filternya, sehingga bisa berdampak kurang baik jika kita tak mampu memilahkan informasi tersebut secara bijak. Perubahan ini dirasa sangat signifikan jika kita menengok beberapa dekade silam, kita masih terbelakang khususnya dalam bidang ini.  Hal ini seharusnya dapat menjadi suatu kemudahan bagi kita, khususnya para pelajar, bahwa untuk memperoleh suatu disiplin ilmu, tidak hanya didapat dan dilakukan tatap muka dengan guru dikelas saja. Namun dengan gadget  yang dimiliki, tentunya dapat menjadikan wawasan kita lebih luas dan juga lebih kritis dalam menganalisa setiap ilmu yang diperoleh. Selain itu gadget juga dapat menjadi suatu alat untuk mencari referensi yang lebih banyak lagi. Dengan adanya kemudahan yang seperti ini, tentunya menjadikan kita lebih produktif dan mampu berpikir kritis, karena dengan adanya teknologi, kita sangat mampu untuk mendapat info-info keilmuwan dari berbagai belahan dunia dengan cepat.

Hanya saja, seringkali kita menyaksikan keadaan di masyarakat ataupun di kalangan pelajar pada khususnya, tidak sesuai dengan harapan. Kita, para pelajar khususnya belum mampu memanfaatkan gadget dengan semaksimal mungkin. Masih banyak kita melihat, tidak sedikit dari kalangan pelajar yang justru terlalaikan dengan tugas mereka sebagai pelajar. Tak jarang para pelajar mengakses situs yang tidak semestinya dan melakukan hal yang tidak seharusnya dikarenakan pengaruh buruk akibat penerimaan informasi yang disikapi dengan secara mentah tanpa memilah serta memilih informasi dengan bijak, bahkan tak jarang  kita mendengar para pelajar yang tengah terjerat berbagai kasus kriminal yang bisa dipastikan itu karena ketidak-bijaksanaan dalam menggunakan gadget .

Hal yang semacam ini kiranya menjadi koreksi dan intropeksi bagi banyak pihak, baik dari pihak internal maupun eksternal. Bagaimanapun semua kemajuan tetap ada sisi positif dan negatif, tergantung dari kebijakan penggunanya. Kita juga tidak bisa mengesampingkan peran serta pemerintah yang diharapkan mampu memberikan regulasi yang jelas untuk para penguna situs dan bisa membentengi para masyarakat, khususnya para pelajar untuk tidak membuka situs-situs yang kiranya membahayakan generasi muda bangsa.  Pendidikan utama dan pertama adalah dari keluarga, namun lingkungan tetap berperan besar dalam membentuk watak seseorang. Untuk itu diharapkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang tanpa batas, tetap bisa menyikapinya dengan bijak sehingga dibutuhkan peran serta seluruh elemen untuk bekerja sama agar menjadikan pendidikan yang berbasis teknologi ini mampu membawa ke arah yang lebih baik sesuai harapan banyak pihak.

Oleh : Maulida Ade Suryani Sadaruddin