JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Hiburan Recent Update

Handphone Jadoel Menolak Punah

111Jurnalikanews- Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata “HP jadoel”? Bentuknya kah? Fiturnya kah? Atau ringtone nya? Jauh sebelum kita mengenal HP berbasis java symbian, blackberry, iphone, dan handphone android, masyarakat kita menggunakan HP jadoel lho. Bagi anak yang lahir di tahun ‘90 an pasti pernah merasakan memiliki atau paling tidak mengetahui apa itu HP jadoel. Nama Nokia dan Sony Erricsson pernah merajai pangsa pasar HP jadoel di tahun 90-an sampai 2000-an. Bagi yang belum tahu apa itu HP jadoel, boleh kepo – kepo di sini ya. Berikut penjelasannya:

HP jadul identik dengan fitur minimalis dan bentuknya yang bongsor, tapi ada juga sebagian yang kecil sih bahkan tergolong mini. Ciri berikutnya adalah warna layar monochrome alias pakai satu warna lampu aja. Kita juga bisa membuat ringtone sendiri lho dengan cara mengetik angka 1-9 yang menyesuaikan bunyi tangga nada. Oh ya, sebelum ada pokemon go atau clash of clans, game space impact dan Snake2 adalah pembunuh waktu senggang yang paling ampuh, bahkan main game nya ditonton rame – rame sama teman sekampung.

222Namun jangan salah, baru – baru ini HP jadoel kembali menunjukkan eksistensinya. Hal ini terbukti dengan banyaknya komunitas HP jadoel di beberapa kota di Indonesia. Anggota dari komunitas itu sendiri kebanyakan adalah kolektor HP antik, namun ada juga yang melayani jual beli. Tidak sedikit juga dari mereka yang rela berburu HP sampai ke luar kota bahkan luar pulau. Harga HP jadoel pun ada yang dibanderol lebih mahal daripada HP jaman sekarang lho, uniknya semakin lebih tua tahun pembuatannya maka harga HP akan semakin tinggi, tapi itu juga dilihat dari bagus atau tidaknya barang ya.

Kesimpulannya, mungkin HP jadul tidak senyaman digunakan layaknya HP layar sentuh saat ini, namun demikian HP jadul masih menjadi primadona di kalangan penggemarnya sendiri. Apakah kamu termasuk yang setia menggunakan HP jadul sampai sekarang? -dwirizkies-