JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Berita Inspirasi Recent Update

Daun Rambutan Solusi Rambut Beruban

Jurnalikanews – Indonesia merupakan salah satu daerah tropis yang banyak di tumbuhi tanaman-tanaman. Umumnya dapat dijadikan tanaman obat-obatan. Salah satunya adalah tanaman lokal seperti pohon rambutan, buah rambutan yang manis dan memiliki berbagai kandungan menjadikan buah ini menjadi favorit dari berbagai kalangan. Namun ternyata bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi, bagian daunnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam solusi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat dan khasiat daun rambutan telah banyak diteliti, seperti dapat meredakan sakit kepala, menyembuhkan demam dan influenza, menyembuhkan jerawat, menghindari kerontokan rambut, menangani rambut beruban, dan lain-lain. Daun rambutan memilki banyak khasiat. Namun pada artikel ini akan dibahas manfaat daun rambutan untuk menangani rambut beruban.

111

 
 
 
 
 
 
(a) Daun rambutan                                                (b) Rambut beruban

Uban atau rambut putih adalah salah satu tanda usia mulai tua. Namun tidak saja ditumbuhi pada usia tua, tidak jarang muda-mudi yang berusia remaja pun bisa ditumbuhi uban atau rambut putih. Uban yang tumbuh pada rambut ini sering kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Sehingga banyak cara yang dilakukan demi mengatasi masalah tersebut. salah satunya adalah dengan mengecat rambut. Mengecat rambut sendiri bisa berdampak berbahaya kepada si pemakai. Dikarenakan bahan cat rambut yang terbuat dari bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Adapun solusinya adalah pada daun rambutan. Daun rambutan memiliki kandungan zat alami saponin, tanin, dan polifenol dapat menghidupkan pigmen atau sel menoset pada rambut yang berpotensi untuk menghitamkan rambut beruban. Perawatan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan cara dipakai langsung atau dengan membuat minyak rambut.

Langkah-langkah pembuatannya, persiapakan daun rambutan beberapa lembar, kemudian cuci daun rambutan hingga bersih. Setelah itu tumbuk halus atau blender daun rambutan, saring sari daun rambutan dan oleskan di keseluruhan rambut. Atau dapat juga dengan menambahkan minyak zaitun atau minyak kemiri untuk menambah tekstur seperti minyak rambut. Selanjutnya diamkan beberapa menit. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Demikianlah beberapa khasiat dan manfaat dari daun rambutan. Kesuksesan didapat dari kerja yang kontinyu dan terus menerus atau dengan kata lain, lakukanlah perawatan ini dengan yakin dan secara rutin. – (Cut Fitriani) (23/11/16)