JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Eksternal Recent Update

Kementerian Sosial Lucurkan E-Waroeng

xJurnalikanews- Setelah sebelumnya dana Program Keluarga Harapan (PKH) dikucurkan secara tunai, kini Kementerian Sosial meluncurkan program baru, yaitu E-Waroeng. Tujuannya tak lain agar penyaluran bantuan bisa lebih efektif dan efisien. Hal ini lantaran upaya pemerintah agar masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokok seperti beras melalui subsidi selama ini berjalan kurang maksimal.

“Kami akan mengkolaborasikan PKH dengan E-Waroeng. Bantuan yang sifatnya non pangan tidak bisa diambil secara tunai, hanya bisa ditukar dengan bahan pangan yang sudah ditentukan seperti beras,gula,minyak dan tepung,” ujar Menteri Sosial, Khofifah pada rapat terbatas di kantor Kemenpolhukam, Jakarta Pusat (12/7/2016). Kendati begitu, saat ini pihaknya sedang mengupayakan agar elpiji 3 kg dan pupuk bersubsidi juga bisa diperoleh di E-waroeng.

Kebijakan tersebut sudah mulai diuji cobakan di beberapa kota seperti Malang dan Surabaya, Jawa Timur. Hal ini juga mengubah hidup Suparmi (37) warga Kelurahan Sidosermo Kecamatan Wonocolo Surabaya. Ia mendapat bantuan berupa pendirian E-Waroeng dengan dana Rp 10 juta. Untuk pertama kalinya Suparmi baru mengenal transaksi elektronik dan tablet untuk mendata transaksi yang digunakan oleh PKH.

Peluncuran E-Waroeng tahun ini ditargetkan sebanyak 300 unit. Sementara di tahun akan ditambah hingga 3000 unit diseluruh Indonesia. (Furler)

Dilansir dari : detik.news.com- nasional.kompas- surabaya.tribunnews.com