JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Eksternal Recent Update

Aksi Cipayung Menagih Janji

Jurnalikanews- (20/10/2016) Hari itu menjadi momen yang penting, dimana sekitar 5000-an mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia turun ke jalan untuk melakukan aksi, menagih janji-janji Jokowi-JK yang dilontarkan saat pelantikan Presiden di genapnya 2 tahun pemerintahan Jokowi-JK. Aksi yang diawali oleh BEM SI (Seluruh Indonesia) ini juga di ikuti oleh Organisasi Mahasiswa lain seperti HMI, KAMMI, dan lain sebagainya yang tergabung dengan nama Cipayung dan Persatuan Buruh Indonesia
Aksi ini menuntut lima poin yang disebut LITERASI MAHASISWA, yaitu Tindak Tegas Mafia Kasus Pembakaran Hutan di Sumatra dan Kalimantan, Tolak Reklamasi di Teluk Benoa dan Teluk Jakarta, Tolak Tax Amnesty yang Tidak Pro Rakyat, Tolak Izin Expor Konsentrat setelah Januari 2017 dan Komitmen terhadap Usaha Hilirisasis Minerba, Cabut Hukuman kebiri dan Selesaikan Akar Permasalahan Kejahatan Seksual terhadap Perempuan dan Anak.
img-20161022-wa0003Aksi ini dibagi menjadi dua bagian, Bagian BEM SI dan Cipayung. Dibagian Cipayung sendiri terasa suasana yang cukup panas. Aksi ini dipenuhi dengan Orasi dan Pembakaran banner. Aksi ini dijaga ketat oleh polisi dengan pemasangan kawat berduri di dekat masa. Kericuhan dengan Polisi pun tak terbendung. Banyak anggota aksi Cipayung yang luka-luka saat melakukan aksi. Selain lima tuntutan diatas, Aksi Cipayung ini juga menuntut dengan tegas empat tuntutan, yaitu Tegakkan Nilai-Nilai Pancasila, Kembali pada UUD 1945 yang Asli, Mempertanggungjawabkan Komitmen Jokowi-JK, Tegakkan dan Kuatkan Lembaga-Lembaga Hukum. (Agg)