JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Recent Update

Yang Langka Jangan Dilupakan

Jurnalikanews- Kompleksnya masalah yang terjadi di dalam negeri ini membuat masalah tanaman langka tenggelam akan lautan masalah nasional yang tak berujung. Diangkatnya tema “Tanaman Langka Indonesia” dalam event  Rupa Of The Week (ROT) yang diselanggarakan Sanggar Seni Kimia Analisis (SASEKA) (04/10), tidak hanya menumbuhkan kekaguman kita akan keindahan dekorasi rupa tiga dimensi, lebih daripada itu memberikan sebuah edukasi yang dapat mengingatkan kita akan masalah tanaman langka yang kurang disorot publik. Terdapat empat dekorasi tiga dimensi yang dikemas semirip mungkin dengan tanaman langka aslinya, yaitu tanaman Anggrek Hitam yang terletak di Health Center (HC), Rafflesia Arnoldii yang terletak di lobby, Kantong Semar yang terletak di gedung perkuliahan lantai dua, dan Bunga Bangkai yang terletak di gedung laboratorium baru lantai satu. Keindahan tidak harus mahal begitulah ROT tahun ini yang hanya menghabiskan dana sekitar Rp. 250.000 dan berhasil mengubah barang-barang bekas menjadi seni yang bernilai tinggi lewat sebuah kemampuan yang sering disebut ‘kreativitas’.

Tersiratimg-20161005-wa0008 dari namanya Rupa Of The Week (ROT), acara yang menampilkan dekorasi tiga dimensi ini berlangsung selama satu pekan yaitu pada tanggal 3 Oktober hingga 7 Oktober 2016. ROT ini ditujukan untuk mahasiswa dan akademik yang harapannya tetap mendukung hasil karya rupa dari SASEKA.

“Harapannya dengan ROT ini semoga mahasiswa dan akademik tetap mendukung hasil karya SASEKA,” ucap Ani Kusniati (3C) selaku komite sanggar rupa SASEKA.

Pembuatan dekorasi untuk ROT tahun ini memakan waktu tiga minggu dan dekorasi tanaman Anggrek Hitam yang merupakan tanaman langka dari Kalimantan dan Papua inilah yang paling terakhir finishing-nya. Hal ini diakui Mira Sepnawati Jaya (3D) selaku ketua pelaksana ROT tahun ini karena bentuk Anggrek Hitam yang rumit serta pemasangannya yang tidak mudah. Tanaman Anggrek Hitam ini bersifat parasit yaitu menempel pada pohon yang tinggi sehingga dipilihlah HC untuk penempatan dekorasi tersebut, namun yang ditonjolkan pada dekorasi ROT tahun ini yaitu bunga Rafflesia Arnoldii bukan Anggrek Hitam yang rumit pengerjaan karena dari segi ukuran lebih besar bunga Rafflesia Arnoldii. (SA/DI)

(5/10/16)