JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita

Suasana Panas Membakar Pelantikan Calon Pengurus BEM IMAKA

img-20161002-wa0004

Jurnalikanews- Pelantikan calon pengurus BEM IMAKA SINERGI pada hari Kamis, 29 September 2016 diadakan di gedung perkuliahan lantai tiga. Agenda yang dijadwalkan pada pukul 18.30 WIB mundur selama 15 menit. Hal tersebut diakui oleh Koordinator Angkatan 2016 Dimas Eko Nugroho dikarenakan adanya beberapa kondisi yang tidak kondusif dan kurangnya koordinasi dari panitia penyelenggara. Selain itu, ruangan yang yang digunakan dan bangku yang tersedia tidak sesuai dengan yang menghadiri acara tersebut.

Ketika acara mulai memasuki waktu puncak pelantikan, terjadi kerusuhan yang membuat acara tidak berjalan mulus. Kendala ini diakibatkan karena proses internalisasi dari setiap calon anggota yang berjumlah 46 calon tidak begitu baik. Hal ini terbukti saat ketua-ketua komponen menanyakan nama dari masing-masing anggota kepada anggota lainnya, banyak sekali bahkan hampir seluruhnya tidak mengenal nama satu sama lain. Banyak juga calon anggota yang tidak mengetahui Visi dan Misi dari Presiden Mahasiswa padahal tujuan dilantiknya pengurus baru ini untuk membantu Presiden Mahasiswa mewujudkan Visi dan Misi membangun IMAKA.

Acara berlangsung semakin sengit, salah satu penyebabnya yaitu tidak bersedianya salah suatu komponen untuk melantik calon pengurus. Hal tersebut dikarenakan persiapan dari pihak calon pengurus BEM yang sangat kurang dan tidak adanya solusi konkrit yang meyakinkan warga IMAKA untuk melantik mereka.

“Kami akan mengevaluasi, kemarin kami pernah melakukan aksi, dan kami lihat dari pengurus mereka senang dengan kinerja kami. Setelah dilantik kami akan melakukan kinerja-kinerja yang sangat mendukung kepada visi dan misi presiden mahasiswa. Apabila amanah ini kami tidak sanggup menjalankannya solusinya yang siap kami tanggung untuk ditanggalkan dari kedudukan kami” ujar salah satu perwakilan dari calon pengurus yang akan dilantik guna meyakinkan audience.  Namun lagi-lagi jawaban itu tidak memuaskan audience karena dianggap bukan solusi yang nyata. Seakan tidak menemukan titik temu dan waktu yang semakin sempit, Presiden mahasiswa memberikan tuntutan untuk calon pengurus BEM mengenal satu sama lain dan dalam waktu satu minggu semua calon pengurus harus bisa meyakinkan warga IMAKA bahwa mereka layak menjadi pengurus BEM IMAKA. Mereka pun berjanji siap melaksanakannya.

img-20161002-wa0005

Namun pada akhirnya di akhir acara, proses pelantikan calon anggota BEM yang dipimpin oleh Presiden Mahasiswa, Rizky Pratama Putra terlaksana dengan baik dan khidmat. Pelantikan ini dilakukan secara simbolis dengan menyematkan pin di almamater Koordinator BEM angkatan 2016. Diharapkan pengurus BEM yang baru dilantik totalitas dalam bekerja, terus berinovasi, menjaga amanah dan diharapkan tidak membawa nama buruk bagi angkatan 2016. “Setelah dilantik ini langkah selanjutnya kami akan mengenal lebih dekat lagi satu sama lain ketika kita sedang melakukan tugas kinerja kita hasilnya harus bisa lebih baik lagi” tutur Dimas selaku Koordinator Angkatan 2016. Sekarang BEM telah resmi memiliki 46 orang anggota baru yang telah mengisi masing-masing kementrian untuk memimpin IMAKA menjadi lebih baik.(F.N / Nsr)

1/10/16