JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Hiburan Recent Update

Train to Busan

 

sumber : www.heavenofhorror.com
sumber : www.heavenofhorror.com.
  • Orientasi

Film berjudul Train To Busan ini berlatar belakang sebuah kereta cepat di Korea Selatan. Film fiksi yang dirilis tahun 2016 oleh Next Entertiment world ini bergenre thiriller dengan besutan sutradara Yeon Sang Ho mengangkat kisah tentang virus zombie yang merajalela dan menyerang warga di sebagian kota Korea Selatan.

  • Tafsiran

Bermula dari kecerobohan seorang kurir barang dengan mobil pick up yang merangkas masuk ke area terlarang yang sudah terpapar virus Zombie dari situlah virus Zombie mulai menyebar ke luar area tersebut dan mulai menguasai berbagai kota. Disaat yang bersamaan, Soo Ann seorang anak perempuan sedang menikmati perjalanan liburanya menuju kota Busan bersama sang Ayah yang diperankan oleh Gong yoo. Tanpa diduga seorang gadis  yang telah terinfeksi virus zombie menyusup masuk ke dalam gerbong KTX (kereta cepat) yang sedang ditumpangi Soo Ann beserta ayahnya.

Dari seorang gadis zombie tadi, ia mulai menyerang beberapa orang yang lantas menambah banyak korban dan berubah menjadi zombie. Suasana dalam rangkaian kereta cepat tadi kian mencekam saat zombie semakin ganas menyerang siapapun dan membuat penumpang lainya berlarian menuju rangkaian kereta terdepan, tak terkecuali Soo Ann dan ayahnya yang turut berusaha menyelamatkan nyawa mereka dari serangan zombie. Tanpa disadari, di tengah upaya penyelamatan diri, mereka bertemu dengan pasangan suami istri yang diperankan oleh Ma Dong Sok dan Jung Yoo.

Di tengah perjalanan, mereka berempat sempat terpisah beberapa gerbong setelah sebelumnya sempat keluar kereta saat transit di stasiun Dae Jeoun. Namun beruntung ayah  Soo Ann berhasil bertemu kembali dengan anakanya begitu halnya dengan suami  Jung yoo yang berhasil menyelamatkan istrinya yang tengah hamil. Namun sayangnya, nyawa suami Jung yoo harus rela dikorbankan demi menyelamatkan nyawa istrinya dan orang yang baru dikenalnya yaitu Soo ann dan ayahnya, dia rela mengorbankan nyawanya untuk menahan pintu kaca dari desakan para zombi yang memaksa masuk. Perjuangan mereka bertiga untuk terbebas dari serangan zombie tak sampai disitu, karena nyatanya mereka harus menuju Busan untuk bisa terbebas dari zombie, lantaran hanya kota itulah yang masih steril dari serangan zombie.

Bukan perkara mudah untuk bisa sampai ke Busan, di tengah perjalanan mereka harus berganti rangkaian kereta lantaran jalur kereta mereka tertutup. Mereka bertiga berjalan mencari kereta lain. Dalam upaya pencarian keret tersebut, nyatanya kawanan zombie telah mengejar mereka bertiga, bayi dalam kandungan Jung Yoo seakan bukan halanngan bagianya untuk terus berlari mengejar kereta yang sedang berjalan. Beruntung Soo Ann dan ayahnya beserta ibu hamil Jung Yoo berhasil terbebas dari kejaran zombie dengan menaiki kereta tersebut. Mereka belum bisa bernafas lega karena rupanya masih ada salah satu zombie yang menyerang dari ruang kemudi. Sekuat tenaga ayah Soo Ann berusaha melawan zombie tersebut namun sayang, tanganya telah terinfeksi virus zombi lantaran gigitan zombie tadi.

Akhirnya film berakhir dengan sedih dan penuh haru saat ayah Soo Ann dengan berat hari harus meninggalkan anaknya karena ia sadar tak lama lagi ia akan menjadi Zombie, tangisan Soo Ann kian lantang mengiringi kepergian ayahnya dan Ibu Jung yoo berusaha menahan Soo Ann agar tak mendekati ayahnya. Kereta masih terus melaju meninggalkan ayah Soo Ann yang telah menjadi zombie, hingga tibalah mereka berdua di Busan, kota yang masih aman.

www.fandango.com
sumber : www.fandango.com
  • Evaluasi

Dibalik suasana mencekam dan menegangkan, di film ini masih terselip nilai moral tentang gambaran kasih sayang seorang ayah pada putri semata wayangngnya yang merasa kurang diperhatikan juga pengorbanan seorang suami demi istrinya dan anak di kandunganya. Perpadaun drama yang mencekam dengan mengharukan seakan memberi kesan tersendiri bagi para penontonya.

Kekurangan dalam film ini adalah, adanya beberapa adegan yang tidak jelas asal muasal nya, seperti seorang pria tua dengan penampilan lusuh yang tiba-tiba ada di toilet kereta cepat yang tengah melaju.

  • Rangkuman

Film ini direkomendasikan bagi mereka yang gemar dengan film thriller penuh ketegangan dan sedikit bumbu drama khas negeri ginseng. Namun tidak dianjurkan bagi mereka yang punya penyakit seperti jantung ataupun phobia seperti darah, karena jelas akan banyak dipertontonkan dalam film ini.

Pesan moral yang dapat dipetik dari film ini yaitu tetap mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dalam situasi apapun, dan sayangilah mereka yang masih bisa kau temui terlebih keluarga mu. (Furler & DI)

(21/9/16)