JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Recent Update

Melingkar Menghasilkan Karya



img-20160919-wa0009
Sumber : Dokumen Jurnalika

Jurnalikanews- Bertempat di Villa Tahirin Kampung Cinangka, Megamendung, pada 17-18 September 2016 sejumlah 80 mahasiswa tingkat 1 mengikuti Mentoring Adventure (MA). Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan IMAKA ini disuguhkan untuk menanamkan ukhuwah Islamiyah dan penyamategangan pemahaman tentang mentoring. Dengan jargon  melingkar menghasilkan karya, diharapkan dari mentoring  yang identik dengan lingkaran dapat  dihasilkan karya melalui ukhuwah yang terbentuk di dalamnya.

Pada MA tahun ini terjadi tiga kloter pemberangkatan yaitu pada jam 07.30, 12.45, dan 13.50. Pengkloteran terjadi  karena  terdapat beberapa kelas yang mengganti jadwal  kuliah di hari Sabtu dan pemberitahuannya baru H-3 MA. Hal ini menyebabkan peserta  yang datang di kloter dua dan tiga tidak mendapatkan Tsaqofah (ilmu) Islamiyah. Sebagai gantinya, penerapan Ukhuwah Islamiyah ditanamkan pada kegiatan muhasabah dan outbond.

Terlepas dari kendala tesebut, goal MA tetap diperjuangkan melalui  agenda-agenda di dalamnyna. Dimana terdapat beberapa rangkaian kegiatan seperti materi Ukhuwah Islamiyah dan I’m Proud To Be Moslem, permainan sambung kata, sharing antara mentee dengan pementor dan alumni, muhasabah, dan outbond.

img-20160919-wa0010“Acaranya seru banget, pas di awal aku pikir acaranya bakal boring tapi ternyata pas ikut asik. Apalagi pas malam-malam dibangunin dengan suasana mirip akhirat menyadarkan kita untuk mempersiapkan diri”, komentar Maulvi 1D, salah satu peserta MA.

Mengenai kesimpangsiuran perihal htm, A.Rifai Nasution selaku ketua pelaksana mengklarifikasi bahwa dukungan dana dari alumni Keluarga Muslim AKA(KMA) membuat htm kemungkinan diturunkan dan sisanya akan dikembalikan ke yang sudah membayar 50.000. Untuk selanjutnya diharapkan koordinasi dengan akademik dan UKM lain dapat diperbaiki sehingga kegiatan-kegiatan positif dapat dimaanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa. (N.C)

(20/9/16)