JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Recent Update

Menjadi Analis Berjiwa Jurnalis

jurJurnaikanews-Jurnalika menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan bagi mahasiswa Politeknik AKA Bogor, pada Sabtu, 10 September 2016, digedung perkuliahan lantai 3 Politeknik AKA. Acara ini menghadirkan wartawan-wartawan profesional dari Liputan 6.com, dengan materi Perkembangan Pers, Ilmu Dasar Jurnalistik serta Hubungannya dengan Ilmu Kimia, yang diisi oleh Gabriel Abdi salah satu wartawan liputan 6.com.
“Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan kepenulisan bagi mahasiswa Politeknik AKA. Harapannya, mahasiswa dapat menulis sesuai dengan etika dasar kepenulisan, dan mempraktikan ilmu-ilmu dasar jurnalistik dalam penulisan karya ilmiah, jurnal maupun laporan sehari-hari.” ujar Aflah (3c) selaku penanggung jawab acara. Tidak semua wartawan memiliki latar belakang pendidikan jurnalis, banyak dari mereka yang justru bertolak belakang dari pendidikan jurnalistik, namun mampu terjun dan bekerja sebagaimana prinsip kerja seorang wartawan. Karena menjadi jurnalis bukan hanya belajar menulis tapi belajar berkomunikasi dengan masyarakat. Hal itulah yang coba disampaikan mantan mahasiswa jurusan filsafat, pada mahasiswa Politeknik AKA.

Seorang analis harus berpikir dan bertingkah laku ilmiah dalam mengambil keputusan, harus jujur, objektif, dan handal dalam hal observasi. Seperti halnya juga cara kerja wartawan, dalam menyampaikan berita kepada masyarakat. Seorang jurnalis harus handal dalam hal observasi, agar dapat berpikir dari sudut pandang netral yang tidak berpihak pada sisi manapun.

nalikaDalam kurung waktu lebih dari satu jam mas Abdi banyak memberikan ilmu-ilmunya mengenai bagaimana menulis yang baik, membagikan pengalamannya selama 16 tahun menjadi wartawan serta sharing mengenai perkembangan dunia digital saat ini yang sangat bermanfaat bagi Mahasiswa Politeknik AKA “Acaranya memotivasi banget kak buat anak AKA, terutama walaupun kita jurusan kimia tapi kita juga bisa bekerja dibidang jurnalistik karna analis kimia itu tugasnya ga jauh beda sama warwatan yang harus mengutamakan sifat jujur dan tanggung jawabnya” (Veny 1B). Acara ini juga turut menghadirkan salah satu alumni jurnalika periode 2014/2015, Muhammad Syamsudin, yang akrab disapa a sam yang banyak sharing mengenai Sejarah dan Perkembangan Pers Mahasiswa di Indonesia kepada pesertayang hadir saat itu. (tcx)