JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita

Siapkah Kamu Menjadi Insan Penggerak Industri?

img-20160914-wa0008Jurnalikanews- Seminar Perindustrian yang diselenggarakan oleh Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) berlangsung pada hari Sabtu mulai dari pukul 09.30 – 15.00 WIB. Acara ini bertempat di Ruang Seminar Lantai 3 Politeknik AKA Bogor yang diikuti oleh sekitar 89 peserta dari berbagai universitas yang turut hadir (IPB, APP, dan POLTEK AKA Bogor). Seminar ini menghadirkan pemateri dari Kepala Sub Bagian Tenaga Penyuluh IKM Kementrian Perindustrian dan Staff Ahli Kementrian yang mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Hal yang dibahas dalam seminar ini yaitu tentang Penumbuhan Kewirausahaan Baru Industri Kecil Menengah dan  membahas bagaimana mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Seminar Perindustrian kali ini bertemakan “Aku Insan Penggerak Industri” . Maksud dari tema ini dilihat dari industri itu sendiri dimana sekarang banyak industri-industri nasional yang sudah dikuasai oleh negara asing. Oleh karena itu, insan pemuda Indonesia ini  agar tergerak hatinya untuk membangun industri yang ada di Indonesia demi terwujudnya industri yang berkualitas.

“Industri kita saat ini sedang sakit maka dari itu Indonesia itu butuh orang yang pintar dan punya niat untuk memajukan negara ini agar menjadi sehat.” berikut kutipan kata yang dibahas oleh salah satu pemateri luar biasa yang mampu menyelesaikan S2 nya di Australia. Dilihat dari anggaran pemerintah yang sudah dipotong dari biasanya menjadikan pemerintah kekurangan dana untuk membiayai tenaga kerja sehinngga tenaga kerja di Indonesia berkurang. Dengan berwirausaha ini menjadikan kita tetap percaya dengan segala kemampuan kita.img-20160914-wa0007

Pada seminar mengenai kewirausahaan ini masih harus banyak digali lagi tentang apa itu wirausaha. Saat ini, jumlah wirausaha di Indonesia masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara maju di dunia. Permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan wirausaha ini meliputi modal dan karakter budaya. Dimana masyarakat Indonesia lebih menyukai menjadi pekerja dibandingkan menjadi wirausaha. “Wirausaha itu bakat? Percaya atau tidak? Jangan katakan wirausaha itu bakat, tetapi menjadi wirausaha itu bisa dilatih asalkan kita fokus pada kemampuan kita sendiri” ujar  Bu Renny Kurniawati selaku Kepala Sub Bagian Tenaga Penyuluh IKM Kementrian Perindustrian.

“Diharapkan dengan diadakannya seminar ini mahasiswa/i perindustrian khususnya di Politeknik AKA Bogor punya niat membangun perindustrian dan punya jiwa perindustrian yang kuat demi terciptanya perindustrian di Indonesia yang lebih maju” tutur Ghyas Asadillah Soebagyo. (IL/ Yz) 13/09/2016