JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

KOPI BIJI SALAK

img-20160905-wa0009

Jurnalikanews- Hingga saat ini, masih banyak yang belum tahu bahwa biji salak memiliki bermacam manfaat kesehatan. Biasanya setelah mengkonsumsi daging buahnya, kita akan membuang biji salak beserta kulit luarnya begitu saja. Tetapi perlu kita ketahui bahwa biji salak sendiri dapat kita manfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kopi salak.

Beberapa cara untuk membuat kopi biji salak yakni : pertama biji salak dijemur serta disimpan dalam ruangan. Biji-biji salak yang diolah yaitu biji salak spesial yang dihasilkan dari tanaman salak di daerah setempat. Setelah satu minggu dikeringkan, biji-biji itu lalu disangrai.  Setelah semua biji-biji salak itu menghitam, kemudian ditumbuk menggunakan alat penumbuk dari batu hingga menjadi serbuk. Pada penggilingan awal akan diperoleh bubuk kopi yang masih kasar. Serbuk kopi biji salak yang masih kasar itu dihaluskan lagi dengan cara diblender lalu diayak. Hasil ayakan tersebut dipakai sebagai bahan seduhan kopi. Bubuk kopi biji salak siap untuk dikemas. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari biji salak bagi kesehatan :

1.Diareataumencret
Di Indonesia terutama, buah salak terkenal oleh orang-orang mengatasi permasalahan diare atau sakit perut dan tanda-tanda mencret pada orang dewasa ataupun anak-anak.

2.Desakan darah tinggi
Dengan cara tradisional memanglah belum di kenal, tetapi sebagian ahli kesehatan menyebutkan bahwa kandungan vitamin didalam salak dapat turunkan permasalahan hipertensi.

3.Masalah Mata
Disebutkan oleh beberapa peneliti bagian buah-buahan bahwa kandungan betacarotine dalam salak baik untuk menyembuhkan permasalahan masalah mata

4.Permasalahan Diet
Mau diet dengan baik serta sehat? Sebagian ahli gizi bagian diet sehat menyampaikan bahwa salak adalah buah yang pas untuk semua permasalahan diet lantaran terkecuali memiliki kandungan banyak vitamin serta mineral yang baik untuk badan.(DF) (4/9/16)

Sumber: https://khasiatq.blogspot.co.id