JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Eksternal

Tebaran Hijab di Kampung Blentuk

img-20160907-wa0016Jurnalikanews-Minggu, 4 September 2016, Annisa LDK-KMA mengadakan agenda Muslimah Creative di RW 02 Kampung Blentuk. Agenda yangi dijadikan sebagai ajang silaturahmi mahasiswi muslimah AKA dengan masyarakat ini diadakan dalam rangka memperingati International Hijab Solidarity Day (IHSD). Hijab yang terkumpul dari mahasiswi-mahasiswi AKA terkumpul 72 bungkus, dimana terdapat beberapa bungkus yang diisi dengan 2 hijab yang transparan.

Publikasi yang mendadak menyebabkan sedikitnya massa dari mahasiswi AKA yang berpartisipasi. Namun respon sebaliknya justru diperoleh dari warga kampung Blentuk. Mereka antusias menerima hijab yang disertai kertas tausiyah yang dikemas oleh pihak Annisa. “Sering-sering aja ada kgiatan kaya gini, yang penting positif buat warga.”komentar  Ama selaku ketua RT 01.

Setelah pembagian hijab ke rumah-rumah warga, agenda dilanjutkan dengan tutorial hijab di Posyandu RW 02 yang dipenuhi ibu-ibu beserta anaknya. Tutorial diberikan oleh perwakilan mahasiswi dengan model  bernama Selma yang merupakan salah satu warga kelas 5 SD. Tutorial yang diberikan hanya penggunaan hijab yang sederhana dan sesuai syariat. Namun, karena beranda posyandu kecil menyebabkan hanya sedikit warga yang menyimak sedangkan lainnya hanya melihat di jalanan depan Posyandu.

Dalam keseharian kebanyakan ibu-ibu memang hanya menggunakan hijab saat mengantar sekolah anaknya atau saat ada pengajian. Dengan pembagian dan tutorial hijab ini diharapkan mereka semakin istiqomah menggunakan hijab dalam keseharian. Sehingga hari hijab selanjutnya bukan hanya diketahui oleh komunitas aktivis muslimah saja, namun juga bermakna bagi seluruh muslimah Indonesia. (N.C) (7/9/16)